Pengaruh Pemahaman Hukum Berhijab Terhadap Cara Berbusana Siswi di SMK Negeri 2 Jombang
Keywords:
hukum berhijab, cara berbusana.Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hukum berhijab terhadap cara berbusana siswi kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang. Dengan pengambilan data dari angket yang disebarkan ke siswi SMK Negeri 2 Jombang kelas XI jurusan tata kecantikan rambut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode analisis statistik yaitu dengan cara mengolah data yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini ada pengaruh hukum berhijab terhadap cara berbusana siswi kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang yang jumlah responden 46, menggunakan data dari hasil angket yang disebarkan tahun 2017. Ada hubungan antara hukum berhijab terhadap cara berbusana, diketahui bahwa rxy=0,721 untuk taraf kesalahan ditetapkan kesalahan ditetapkan 5% N=46, maka r tabel = 0,291. Diketahui bahwa t hitungr tabel, maka Ha “diterima” dan Ho “ditolak”. Perhitungan tersebut menghasilkan data dengan demikian dapat disimpulkan: terdapat pengaruh yang positif antara hukum berhijab terhadap cara berbusana siswi kelas XI di SMK Negeri 2 Jombang.References
Abdillah, Shahih bin Fuzan bin. Praktis Fiqih Wanita. Solo: As-Salam Publishing, 1998.
Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak,” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Eko Budiarto, Biostatistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC, 2002.
Ernawati. Tata Busana. Semarang: Aneka Ilmu, 2008.
Farida, Kun. Pentingnya Hijab Bagi Wanita Muslim Remaja. Karya Ilmiah, IAIN Raden Fatah Palembang, 2012.
Ghoffar, M.Abdul. Fiqih Wanita. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2002.
Halwi, Aba Firdaus. Pesan Buat Ukhti Muslimah. Yogyakarta: Mita Pustaka, 1999.
Hidayat, Aziz Alimul. Metode Penelitian Kebidanan & Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika, t.th.
Motik, Dewi. Tata Krama Berbusana Dan Bergaul. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan 1991.
Muthahhari. Wanita Hijab. Jakarta: Lentera, 2002.
Nasihuddin, M. “Pola Pendidikan Karakter Dengan Konsep Spiritualisasi Pendidikan: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Tempurrejo Ngawi,” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2006.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Qashir, Fada Abdur Razak. Wanita Muslimah Antara Syariat Islam Dan Budaya Barat. Yogyakarta: Darussalam, 2004.
Riyanto, Arifah A. Teori Busana. Bandung: Yapemdo, t.th.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.
Shar’rawi, Syaikh Mutawalli. Fikih Perempuan Musilmah. Jakarta: Amzah, 2009.
Siauw, Felix Y. Yuk Berhijab: Hijab Tanpa Nanti Taat Tanpa Tapi. Bandung: Mizan Media Utama, 2013.
Subhan, Zaitunah. Al-Qur’an dan Perempuan. Jakarta: Kencana, 2015.
Sudewo, Priyo Abhi. “Perbedaan Interaksi Sosial Siswa Yang Berhijab Dengan Yang Tidak Berhijab di SMAN 16 Surabaya” (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Tawilah, Syaikh Abdul Wahhab Abdussalam. Panduan Berbusana Islami Penampilan Sesuai Tuntunan al-Quran dan as-Sunnah. Jakarta: Almahira, 2007.
Walid, Muhammad, dan Fitratul Uyun, Etika Berpakaian Bagi Perempuan. Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.