Pengaruh Persepsi Orang Tua Siswa pada Lembaga Pendidikan Madrasah terhadap Minat Menyekolahkan Anaknya

Penulis

  • Bakri Bakri
  • Indah Nur Faidah

Kata Kunci:

Persepsi, lembaga madrasah, minat.

Abstrak

Setiap orang tua siswa berhak berperan serta dalam memilih satuan pendidikan dan memperoleh informasi tentang perkembangan pendidikan anaknya, salah satunya pendidikan formal di lembaga madrasah. Penelitian skripsi ini bertujuan mengetahui persepsi orang tua pada lembaga madrasah, minat menyekolahkan anaknya dan pengaruh persepsi orang tua siswa pada lembaga pendidikan madrasah terhadap minat menyekolahkan anaknya di Madrasah Ibtidaiyah al-Hidayah Menganto Mojowarno Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknis analisiss menggunakan rumus prosentase product moment sampel penelitian 46 responden. Prosentase persepsi orang tua pada lembaga madrasah 90,28 % Minat Menyekolahkan anaknya 85,93%, nilai correlation 0,306 dengan signifikansi sebesar 0,039 dengan taraf kepercayaan 0,05 (5%), maka dapat diperoleh harga r tabel sebesar 0,291. Ternyata harga r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,306> 0,291) maka Ho ditolak, berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara persepsi orang tua pada lembaga madrasah terhadap minat menyekolahkan anaknya.

Referensi

Ahmadi, Abu. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

P. Siagan, Sondang. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.

Sugiono. Metodologi Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003.

Wirawan Sarwono, Sarlito. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Diterbitkan

2018-06-08

Terbitan

Bagian

Artikel