Kemampuan Adaptasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah yang Berlatar Belakang Pendidikan Umum
Keywords:
Proses Pembelajaran, Kemampuan Adaptasi, Hasil Pembelajaran.Abstract
Kemampuan Adaptasi berhubungan dengan proses pembelajaran karena merupakan salah satu bagian keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kemampuan adapatasi belajar siswa yang berlatar belakang pendidikan umum terhadap hasil pembelajaran Alquran Hadis di MTs Negeri Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Uji analisis product moment. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel kemampuan adaptasi yang berlatar belakang pendidikan umum (x), dan hasil pembelajaran Alquran Hadis (y). Dari data penelitian dapat diketahui melalui prosentase bahwa kemampuan adaptasi didapatkan prosentase sebesar 32,32%. Sedangkan hasil pembelajaran siswa kelas VII didapatkan prosentase 81,25%. Hal ini dibuktikan dengan r hitung = 0,780 dan r tabel = 0,279 ternyat r hitung lebih besar dari r tabel. Artinya Ha “diterima’ Ho “ditolak”. Dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh antara kemampuan adaptasi belajar siswa yang berlatar belakang pendidikan umum tehadap hasil pemebelajaran Alquran Hadis siswa kelas VII di MTs Negeri Mojokerto”.
References
Ahmadi, Abu, dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Rineka Cipta, 2001).
Amrulloh, Amrulloh. “Guru sebagai Orang Tua dalam Hadis ‘Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016) : 70-91.
Amrulloh, Amrulloh. “Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam: Studi Metode Komparasi-Konfrontatif Hadis-Al-Qur’an Perspektif Muhammad Al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradawi.” Ahkam: Jurnal Hukum Islam 3, no. 2 (2015): 287-310.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).
Azizah, Hidayatul. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawar Tulungagung (Skripsi: IAIN Tulungagung, 2014), 42.
Azizah, Nur. “Perilaku Moral dan Religius Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama,” Jurnal Psikologi 33, no. 2 (2005): 5.
Faozi, Mahfud. “Kemampuan Beradaptasi Guru Bidang Studi Elektronika Komunikasi Terhadap Perkembangan Kurikulum Pada SMK Negeri Se Kota Yogyakarta,” (Tesis, UNY, 2004), 22.
Fatih, Al. Al-Qur’an dan Terjemhannya (Jakarta: PT Insan Media Pustaka, 2012).
Fitriyah, Evi Eida. “Pengaruh Latar Belakang pendidikan Dasar terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada murid kelas VII di MTs Darul Hikmah Bandung Sari Diwek Jombang,” (Skripsi: UNIPDU Jombang, 2012).
Kuswanti, Nur, dkk. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama (Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008).
Mappease, Muh.Yusuf. “Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) siswa kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar,” (Skripsi, Universitas Hasanuddin, 2015).
Muhid, Abdul. Analisis Statistika 5 Langkah Praktis Analisis Dengan SPSS For Windows (Sidoarjo: Zifatama, LEMIT IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2012).
Musfiqon, M. Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012).
Nazir, Moh. Metodologi Penelitian (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009).
Putra, Miftakhul Ilmi Suwignya, M. Ansor Anwar, Mujianto Solichin, dan Amrulloh Amrulloh. “Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018): 91-102.
Raco. Metode Penelitian Kualitatif (t.k.: Grasindo, t.th.).
Sholihah, Aimmatus. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Hasil Belajar Bidang Studi Kepesantrenan kelas VII di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang,” (Skripsi: UNIPDU Jombang, 2014).
Siddiqy, M. Hasbi Ash. Sejarah dan PengantarIlmu Al-qur’an/Tafsir (Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1992).
Sugiono. Metode Penelitian Pendididkan (Bandung: Alfabeta, 2014).
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2008).
Sukis, Yani. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar 3 (Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008).
Susetyo, Samuel Tri. “Pengaruh Kemampuan Berpikir, Gaya Belajar Dan Kemampuan Adaptasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta,” (Skripsi: UNY Yogyakarta, 2013).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.