Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Novel Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur Karya Aguk Irawan MN
Keywords:
Nilai, Pendidikan, Islam, Novel, Biografi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel “Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur” karya Aguk Irawan MN. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). sumber data penelitian nya berupa teks dalam novel itu sendiri. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik analisis data yaitu analisis isi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: pertma, nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel “Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur”, adalah nilai pendidikan Aqidah (keimanan) yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Malaikat Allah, Iman kepada Kitab Allah, dan iman kepada Qadha dan Qadhar. Pendidikan Ibadah meliputi berdo’a kepada Allah, pernikahan, ibadah haji, membaca al-Qur’an, bersedekah, mencari ilmu dan mengamalkan ilmu. Pendidikan Akhlak meliputi sabar, bersyukur kepada Allah, tolong menolong, amar ma’ruf nahi munkar, tawadhu’ dan ikhtiyar. kedua, nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel ini antara lain, pendidikan Aqidah, Ibadah, dan Akhlak yang mempunyai relevansi dengan Pendidikan Islam.References
Akbar, Syahrizal. “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 01, No. 01, (2015).
Arice, Dones. “Analisis Nilai Aqidah Pada Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.1, No.1, (September 2017).
Al Ghazali, Imam. “Ringkasan Ihya’ Ulumuddin”. Surabaya; Gita Media Press, 2003.
Budiman, Arief. Mozaik Sastra Indonesia Dimensi Sastra dari Berbagai Prespektif. Bandung: Nuansa, 2005.
Hakim, Lukman. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di SDT Al Muttaqin Tasikmalaya”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 10, No. 01, (2012).
Hawi, Akmal. “Tantangan Lembaga Pendidikan Islam”. Jurnal Tadrib, Vol.3, No.01, (Juni 2017).
Hamad, Ibnu. “Lebih Dekat dengan Analisis Wacana”. Jurnal Komunikasi, Vol. 08, No. 02 (Desember 2007).
Hamzah, Ali. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi”. Bandung: CV ALFABETA, 2014.
Irayunianti. “Pilihan Leksikal Dalam Novel Separu Dahlan Karya Kharisna Pabichara”. Jurnal Pendidikan dan Sastra, Vol. 16, No. 01, (Januari 2017).
Irawan, Aguk. Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur. Lamongan: Sunan Drajat Press, 2015.
Kemal, Isthifa. Fitri, Rena. “Analisis Niai Pendidikan Karakter dalam Novel diantara Asa, Cinta, dan Cinta Karya Isa Elfath”. jurnal Analisis Nilai Pendidikan, Vol. 03, No. 02,(Juli-Desember 2015).
Machmud, Surachmin. “Analisis Nilai Spiritual Dalam Novel Haji Backpaker Karya Aguk Irawan MN”, Jurnal Humanika, Vol.03, No.15, (Desember 20015).
Mohammad Nasrullah, Yufi. “Nilai-Nilai Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 09, No. 01, (2015).
Nursisto. Ikhtisar Kesastraan Indonesia. Yoyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.
Novianti, Nova. Munir, Sirojul. “Nilai Religius Dalam Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra”. Jurnal Literasi, Vol.1, No.2, (Oktober 2017).
Nofiaturrahmah, Fifi. “Pengumpulan dan Pendayagunaan Zakat Infak dan Sedekah”. Jurnal Zakat dan Wakaf, Vol.2, No.2, (Desember 2015).
Nursisto, Ikhtisar Kesastraan Indonesia, Yoyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.
Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kencana, 2010.
Pratiwi Susilowati, Dede. “Agresivitas Tokoh dalam Novel Jazz, Parfum, dan Inside Karya Seno Gumira Ajidarma”. Jurnal Pendidikan dan Sastra, Vol. 16, No. 02, (Juli 2017).
Qurratul Aini, Intan. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Terkandung Dalam Tari Rateb Meuseukat”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 17, No. 1 (Agustus 2016).
Qomari, Rohmad. “Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif”, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol.13, No.01, (Januari – April 2008).
Rahman, Abdul. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi Dan Isi Materi”. Jurnal Eksis, Vol.8, No.01, (Maret 2012).
Sefriana, Vinastria. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Skripsi: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015.
Thaib Muhammad, Muhammad. “Kualitas Manusia Dalam Pandangan Al-Qur’an”. Jurnal Al-Mu’Ashirah, Vol.13, No.1, (Januari 2016).
Tantu, Asbar. “Arti Pentingnya Pernikahan”. Jurnal Al Hikmah, Vol.XIV, No.2 (2013).
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyuddin, Wawan. “Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Prespektif Islam (Kajian Tafsir Tarbawi”. Jurnal Kajian Keislaman, Vol.3, No.2, (Juli-Desember 2016).
Downloads
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.