Efektifitas Media Kalista (Kalender Istihadah) untuk Meningkatkan Pemahaman Santri pada Bab Istihadah dalam Kitab ‘Uyun al-Masa'il li al-Nisa’ di Asrama 3 Nusantara Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang

Authors

  • Lilik Maftuhatin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Mujianto Solichin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Amrulloh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Anna Qomariana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Khoridatul Bahiyyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Arifin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Abdullah Rikza Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Keywords:

Efektifitas, Istihadah, Media Kalista.

Abstract

Santri Asrama 3 Nusantara PP. Darul ‘Ulum Peterongan Jombang dihadapkan pada masalah istih}a>d}ah, mereka merasa enggan dan kesulitan. Bahan belajar yang digunakan untuk memahami persoalan tersebut hanya berupa bahan ajar cetak Kitab Uyu>n al-Masa>il li al-Nisa>’. Untuk itulah maka, penelitian ini sejatinya bertujuan medisain ulang hingga memproduksi replikasi sebuah media pembelajaran pada bab istih}a>d}ah yang diimitasi secara langsung berdasarkan  Kitab Uyu>n al-Masa>il li al-Nisa>’. Adapun lokus penelitian berada di Asrama 3 Nusantara Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang. Tujuan lain yang ingin dicapai yakni mengetahui efektifitas media pembelajaran Kalista untuk meningkatkan pemahaman santri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media Kalista memenuhi kriteria valid dengan persentase hasil validasi oleh ahli materi 90% dan, ahli bahan ajar 93%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan hasil pretest dan posttest t hitung (3.084) > t tabel (2.045) dan respon siswa sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kalista dikatakan valid dan efektif dalam meningkatkan pemahaman santri pada bab istih}a>d}ah.

References

Arikunto, Suharsimi, Safruddin A.J, Cepi. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2002.

Az Zafi, Ashif dan Suci Damayanti. 2020. “Problemtika Istihadhoh dalam Persepsi Wanita”. Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. 2009.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad, Abdul Wahhab Sayyed Hawwas. Fiqih Ibadah (Thaharah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji). Jakarta: Sinar Grafika Offset. 2009.

Bajuri (al), Ibrahim. T.th. Al-Bajuri ‘Ala Ibn Qosim. Semarang: Toha putra.

Bujairimi (al), Syaikh Sulaiman bin Muhammad. Hasyiyah Al-Bujairimi ‘ala Al-Manhaj. Juz 1.

Departemen Agama RI. Alquran dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 2010.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Fadhli, Khotim, dkk. Agustus. “Peningkatan Pemahaman Haid melalui Kajian Fiqih Wanita di Desa Barong Sawahan”. 2021. 66 – 74.

Http://www.learning-theories.com/addie-model.html.

Https:/kamuslengkap.com/kamus/nama/arti-kata/kalista.

Humalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset, 2010.

Iskandar, Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

LBM PPL 2002 M. Uyu>n al-masa>il li annisa>’. Kediri: Lajnah Bahtsul Masail Madrasah Hidayatul Mubtadi?n Pondok Pesantren Lirboyo, 2008.

Miftah, M. “Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa” Jurnal KWANGSAN, Vol. 1, Nomor 2. 2013.

Muhadi, Yudhi. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Qodir, Muhammad bin Abd. Haid dan Masalah-Masalah Wanita Muslim. Mojokerto: Al-Fajar, 1989.

Rivai, Ahmad, Nana Sudjana. Media Pengajaran. Bandung: C.V. Sinar Baru Bandung, 2013.

Sa’adah, Nailatus dan Ashif Az Zafi. “Hukum Seputar Darah Perempuan dalam Islam”, Jurnal Perempuan dan Anak. Juli 2020.

Salomon, G. Interaksi Media, Kognisi, dan Pembelajaran. San Francisco: Jossey-Bass, 1997.

Sanaky, Hujair AH. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria insani Press, 2009.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Sayyid Abdurrohman bin Abdillah bin Abdul Qodir Assegaf, Al-Ibanah wa Al-fadah fi Ahkam Al-Haid wa Al-Nifas wa Al-Istihadah ‘ala Madzhab Al-Imam Al-Syafi’i

Setiawan, Wahyu, dkk. “Telaah Ulang Wacana Haid dan Istih?dhah pada Akseptor Keluarga Berencana”. Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan. 2019. 103-123.

Smaldino E, Sharon dkk. Instructional Technology & Media For Learning Edisi ke Sembilan. Jakarta: Kencana, 2014.

Solikhah, Nur Azizatus, dkk. “Strategi Pembelajaran Guru Risalatul Mahid alam Membangun Pemahaman Materi Istihadhah Santri Putri Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Merjosari Malang”. Jurnal Pendidikan Islam. 2020.

Sugiyono, Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: CV Alfabeta, 2011.

Sulaiman, Al-Imam Al-Hafid Abi Dawud. Sunan Abi Dawud. Juz 1. Beirut: Dar Al-Risalah Al-‘Alamiyah, 2009.

Sulaiman, Amir Hamzah. Media Audio-Visual. Jakarta: PT Gramedia Jakarta, 1998.

Sumantri, Mulyani, Johar Permana. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP – UPI. Ilmu & Aplikasi Pendidikan; Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama, 2007.

Wiriatmaja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Published

2022-12-30