Pengaruh Kegiatan Kepramukaan Terhadap Disiplin Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Bandung Diwek Jombang Tahun Pelajaran 2016-2017
Kata Kunci:
pengaruh, kegiatan kepramukaan, disiplin siswa.Abstrak
Setiap warga negara Indonesia yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun berhak ikut serta sebagai peserta didik dalam pendidikan kepramukaan. Salah satu tujuan pramuka adalah mengajarkan kepada siswanya untuk menjadi manusia yang berdisiplin. Penelitian ini bertujuan mengetahuikegiatan kepramukaan, disiplin siswa dan pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap disiplin siswa di MTs Darul Ulum Bandung Diwek Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan regresi linier sederhana, sampel penelitian 37 responden. Prosentase kegiatan kepramukaan 89,8%. Disiplin siswa 90,3%. Hasil analisis data regresi linier sederhana diperoleh nilai F hitung sebesar 0,964 dengan nilai sig. (p.value) sebesar 0,333. Karena nilai sig.(p.value) > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Atau dengan kata lain 0,333 > 0,005, maka keputusan yang dambil tidak terdapat pengaruh antara kegiatan kepramukaan terhadap disiplin siswa di MTs Darul Ulum Bandung Diwek Jombang tahun Pelajaran 2016/2017.Referensi
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2010.
Rochim, Abdul, dan Soejitno Irmim, Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual dan Emosional. t.tp: Batavia Press: 2014.
Redaksi Penerbit Asa Mandiri. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Asa Mandiri, 2006.
Hidayat, Aziz Aimul. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika, 2009.
Sugiono. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012.
Siregar, Syofian. Statistik Parametis Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Furqon, Zainul. Buku Pintar Pramuka. Tk: Duta Prestasi, 2016.
Kwartir Nasional-Gerakan Pramuka. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Naisonal Gerakan Pramuka, 2011.
Rahman, Masykur Arif. Kesalahan-Kesalahan Guru Mengajar. Jogjakarta: Laksana, 2013.
Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Yudhawati, Ratna, dan Dany Haryanto, Teori-Teori Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.
Nurcahyani, Dwi, dan Suspa Hariati. “Pengaruh Manajemen Reward Dan Punishment Terhadap Tenaga Kependidikan Di Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.