Hubungan antara Perlakuan Manja Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah
Kata Kunci:
Perlakuan manja, orang tua, kemandirian belajar.Abstrak
Bahwa cara mendidik orang tua itu sebagai penentu keberhasilan anak ,dan juga penilaian anak itu tidak jauh dari perilaku orang tuanya. Positifnya jika orang tua perilakunya baik, maka kemungkinan besar perilaku anaknya juga baik,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara perlakuan manja orang tua dengan tingkat kemandirian belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Ketrampilan Menganto Mojowarno Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus persentase dan rumus SPSS uji t dua sampel saling bebas. Dari data penelitian tersebut dapat diketahui persentase perlakuan manja orang tua sebesar 73,51% , tingkat kemandirian belajar siswa sebesar 71,18%, Dan pada tabel correlation, diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,15 dengan signifikansi sebesar 0,893. Karena signifikansi >0,05 (0,893>0,05) maka Ho diterima, berarti Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara perlakuan manja orang tua dengan tingkat kemandirian belajar siswa.Referensi
A.K. Muda, Ahmad. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher. https://id.wikipedia.org/wiki/Akhlak diakses pada 30-12-2016, 2006.
Amrulloh, Amrulloh. “Guru sebagai Orang Tua dalam Hadis ‘Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016) : 70-91.
Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016): 1-28.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian(suatu pendekatan praktik) Jakarta: Renika Cipta, 2006.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Jakarta: Renika Cipta, 1998.
As, Asmaran. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2002.
Astuti Prasetyaningsih, Muh. Chamdani dan Warsati, Hubungan Kemandirian Belajar dan Interaksi Edukatif dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Purworejo, journal: Universitas Negeri Sebelas Maret, diakses pada 31-12-2016.
Choirul, Ilham Mengapa Orang Tua Modern Banyak yang MeManjakan Anak. http://sidomi.com/388333/mengapa-orang-tua-modern-banyak-yang-meManjakan-anak/ diakses pada 31-12-2016.
Efendhi, Fahrizal. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Dalam Belajar Siswa. journal: IKIP Veteran Semarang, 2014.
El, Qorinuka. Super Mom. Yogyakarta: Centra Grafindo, 2005.
Fathoni, Abdurrahmat. Metodologi Penelitian dan Tekhnik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Gajah Mada University Press. Metodologi Penelitian: Petunjuk Prektis untuk Peneliti Pemula. ogyakarta:Gajah Mada University Press, 2006.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/akhlak, diakses pada 30-12-2016.
Khumaerah, Nasratul, “Penerapan Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan KeMandirian Belajar Siswa SMK Negeri 3 Makassar”,Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Vol.1 No.2. https://goo.gl/Mv9d4I, diakses pada 31-12-2016.
Margianto, Heru, Kecelakaan Lalu Lintas Didominasi Remaja. https://goo.gl/DC2L9u diakses pada 25-12-2016.
Marini, Liza. Andriani, Elvi, 2014. “Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua”, Jurnal Ilmu Psikologi. https://goo.gl/ewpKHd diakses pada 02-01-2017.
Muhid, Abdul. Analisis Statisik 5 Langkah Praktis Analisis Stasistik dengan SPSS for Windows, Sidoarjo: Zifatama, 2012.
Mulyadi, Seto, Mengatasi Problem Anak Sehari-hari. Jakarta: Gramedia, 1997.
Nalindra, Rista. Latif, Syaifuddin, dkk. “Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok”, Jurnal Pendidikan Bimbingan dan Konseling. https://goo.gl/63SMDC , diakses pada 31-12-2016.
Neniyawati, Evi Dampak MeManjakan Anak. https://goo.gl/Seffvd diakses pada 25-12-2016.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan,. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.
Septiari. Balita, Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.
Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri Sebagai Pribadi yang Berkarakter Jakarta: Rineka Cipta. 2011.
Sudjana. Metodologi Statistika. Bandung: Tasrito, 2005.
Sugiono. Metodologi Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2008.
Sugiono. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung:Alfabeta. 2012.
Tanzeh, Ahmad dan Suyitno. Dasar-dasar Penelitian, Surabaya : Lembaga Kajian Agama dan Filsafat eLKAF, 2006.
Wahyono, Budi. Faktor yang Mempengaruhi KeMandirian Belajar, http://www.pendidikanekonomi.com/2013/01/faktor-yang-mempengaruhi-keMandirian.html , diakses pada 01-01-2017.
Yanto, Riki, 2011. Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Remaja (Skripsi, Universitas Andalas Padang). https://goo.gl/qnqkuM diakses pada 25-12-2016.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.