UNSUR-UNSUR PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAI DALAM TAFSIR AL-QUR'AN SURAH AL-BAQARAH: 151

Authors

  • Moh. Yahya Ashari Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (UNIPDU) Jombang

Keywords:

al-Qur'an, Pendekatan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tafsir.

Abstract

Al-Qur'an memberikan cetak biru pembelajaran yang mengarah pada pemberdayaan kompetensi manusia secara integratif melalui pola pendidikan seimbang dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran dalam al-Qur'an Surah al-Baqarah: 151. Pendekatan tersebut dapat dipetakan menjadi lima macam, yaitu: pendekatan tilawah, pendekatan tazkiyyah (penyucian), pendekatan ta'lim al-Kitab (pembelajaran al-Qur'an), pendekatan ta'lim al-hikmah (pembelajaran dengan hikmah), dan pendekatan "ya'allmukum malam takunu ta'lam" (membelajarkan hal-hal yang belum dipelajari) dengan merujuk pada beberapa tafsir yang otentik. Akhirna, harus diakui bahwa keberadaan al-Qur'an merupakan sumber utama pengembangan konsep pendidikan Islam yang dapat dibuktikan dengan nyata dan akurat melalui kajian-kajian, talaah maupun penelitian.

The Qur'an has given integrated learning blue print to human being that leads t empowering human competence through balanced education pattern in cognitive, affective and psychomotor. Therefore, this article will describe Surah al-Baqarah: 151 deals with learning approaches. The approaches can be classified into five: tilawah, tazkiyah, tal'lim al-Kitab (learning the Qur'an), ta'lim al-hikmah (learning wisdom) and "yu'allimukum malam takunu ta'lam" approaches (learning things that never been studied) made reference to some authentic interpretation. At last, we have to recognize that Qur'an is the main source of Islamic development concepts. It can be proved through studies and researches.

 

Published

2015-10-15

Issue

Section

Artikel