LANDASAN PSIKOLOGI DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
landasan psikologi, aktualisasi, pendidikan IslamAbstract
Pendidikan Islam memiliki peran strategis bagi pembentukan karakter peserta didik yang sangat dibutuhkannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dimana dalam proses keberlangsungannya, pendidikan Islam berpijak pada nilai-nilai al-Qur’an dan Hadis. Dengan ini, pendidikan Islam merupakan pondasi penguat terhadap akhlak dan perilaku peserta didik. Namun demikian, pendidikan Islam masih perlu pula kontribusi disiplin ilmu lain sebagai faktor pendukung guna melangsungkan pendidikan secara konkret dan membumi. Salah satu disiplin ilmu itu adalah psikologi. Psikologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji sekaligus melihat peserta didik dari sudut pandang psikis (jiwa), dimana aspek psikis harus menjadi pertimbangan para pendidik dalam proses pencapaian tujuan pendidikan. Di antara psikologi yang bisa dijadikan sebagai landasan pendidikan yaitu psikologi perkembangan, psikologi belajar, dan psikologi sosial. Pendidikan harus melihat kondisi psikologi individu dalam hal ini adalah peserta didik, utamanya dalam menyusun dan melaksanakan kurikulum sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal. Adapun dalam pendidikan Islam psikologi yang dijadikan sebagai acuan adalah psikologi yang berwawasan pada al-Qur’an dan Hadis. Dimana akhirnya menghasilkan output yang berorientasi ketuhanan, insan kamil bahagia di dunia dan akhirat.
Islamic education a strategic role for the formation of the very character of learners needs through daily life, where in the process of its continuity, Islamic education based on the values of the Qur'an and al-Hadith. With this, Islamic education is the Foundation of the amplifier against akhlaq and behaviours learners. However, Islamic education still needs also contribute to other disciplines as the factor endowments in order to carry out the education concretely and grounded. One of the disciplines it is psychology. Psychology is a scientific discipline that examines while seeing learners from the perspective of a psychic (soul), where the psychic aspect should be a consideration in the process of educators the achievement of educational goals. Among the psychology that could serve as the cornerstone of education i.e. developmental psychology, psychology of learning, and social psychology. Education should see conditions of individual psychology in this regard are the learners, especially in drawing up and implementing the curriculum so that the purpose of education can be achieved optimally. As for Islamic education in psychology who serve as the reference point is the psychology that insightful on al-Qur'an and al-Hadith. Which ultimately generate output oriented Godhead, insan kamil happy in the world and the hereafter.
References
Abu Ahmadi, Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Budiman, Rudy. Modul Landasan-Landasan Pendidikan di SD. Bandung: PPPG Tertulis, 2006.
David O. Sears. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga, 1994.
Ginting, Abdorrakhman. Esensi Praktis:Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora, 2007.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
M.Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Mudhofir, Ali. Modul Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2009.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet.14. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Pidarta, Made. Landasan Kependidikan: Stimulus lmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Sukanto Mm, A. Dardiri Hasyim. Nafsiologi: Refleksi Analisis tentang Diri dan Tingkah Laku Manusia. Surabaya: Risalah Gusti, 1995.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Ed.I., Cet.8. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.
Trianto. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
http://id.wikipedia.org/wiki/kognisi
http://id.wikipedia.org/wiki/psikologi_perkembangan
www.geocities.com/m_win_afgani/arsip/landasan_psikologi.pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah?Creative Commons Attribution License?yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat?Efek Akses Terbuka).