Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui “In Country Programâ€; Studi Kasus “In Country Program†di UIN Malang
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
“In Country Program†merupakan program kerjasama antara Deakin University Australia dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah dilakukan sejak tahun 2008. Dalam program ini, mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia dari Deakin University Australia dikirim ke UIN Malang untuk mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia dan Budaya Indonesia, sekaligus merasakan pengalaman hidup di tengah masyarakat Indonesia. Penelitian ini mengeksplorasi secara deskripsif kualitatif program pengenalan budaya Indonesia kepada mahasiswa asing dan dampaknya. Kegiatan pengenalan budaya ini dilakukan selama 40 hari dan mahasiswa mengikuti program budaya dalam berbagai bentuk aktivitas. Dari analisis yang dilakukan dalam program ini disimpulkan bahwa kegiatan “In Country Program†ini mempunyai dampak secara social, ekonomi, politik dan budaya yang positif bagi pihak mahasiswa Deakin Australian dan bagi mahasiswa UIN Malang, secara khusus, dan bagi masyarakat  Malang dan sekitarnya pada umumnya. Dengan meningkatkan kerjasama dan memperbaiki kualitas program kebudayaan seperti ini, akan menjadikannya selain sebagai soft power diplomacy, juga menjadi strategi meningkatkan daya saing daerah di bidang pendidikan.
Kata Kunci: “In Country Programâ€, budaya Indonesia , pendidikan
Â
ABSTRACT
“In Country Program†is a program of learning Indonesian language and culture. This program is conducted by Deakin University Australia in cooperation with UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. It has been conducted since 2008. In this program, students of Deakin University Australia were sent to UIN Malang to take Bahasa Indonesia course and Cultural course. This program is aimed of giving the students real experience of living among Indonesian people. Through descriptive qualitative method the research explores the In Country Program and its impact towards the students and other stakeholders. The language and cultural activities of this program is done for 40 days. From the analysis of this program it can be concluded that the “In Country Program†has positive social, economy, politic and cultural impacts for the students of Deakin Australian and of UIN Malang, specifically, and for the people of Malang generally. By having the improvement in this cooperation and quality of the program, it will improve the competitive advantage of the university, and education as well as the local government.
Â
Keywords: In Country Program, Indonesian culture, education