Organisasi Pembelajar (Learning Organization)Dalam Pencapaian Diri Perawat RSI Jakarta Cempaka Putih
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Organisasi pembelajar adalah sekelompok orang secara terus menerus memperluas kemampuannya untuk menciptakan hasil yang benar-benar mereka harapkan, dimana gambaran berpikir baru dan luas dipupuk, aspirasi kolektif disepakati secara bebas, dan  terus-menerus belajar bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara organisasi pembelajar dengan pencapaian diri perawat RSI Jakarta Cempaka Putih. Desain penelitian analitik observasional melalui pendekatan crossectional.Pengambilan sampel menggunakan sistematik random sampling dengan jumah 228 orang. Pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan perawat yang mempersepsikan organisasi pembelajar baik 56,6%, dan yang mempunyai pencapaian diri yang baik 62,7%. Selanjutnya dilakukan analisis data bivariat dan multivariat. Disimpulkan ada hubungan antara organisasi pembelajar dengan pencapaian diri perawat. organisasi pembelajar yang paling berhubungan adalah pemberdayaan manusia, dinamika pembelajaran dan manajemen pengetahuan. Disarankan untuk meningkatkan pemberdayaan dengan membentuk kelompok belajar, mengatur dinamika pembelajaran melalui pelatihan dan peran serta perawat guna pencapaian diri yang baik.
Â
Kata Kunci ; Organisasi pembelajar, pencapaian diri, perawat
Â
Abstract
Learning organization is a group of people who expands their capability perpetually to create their desired outcome. The learning is able to construct their new thinking model, establish an accord of collective aspiration unreservedly, and build a learning process group repeatedly. The aim of this study was to analysize the relationship between learning organization and self improvement of nurses in RSI Jakarta Cempaka Putih . The design was aobsevasional analitic with crossectional approach. Using Sampling wassystematicrandom samplingwith anumber of228 people. Retrievalof datausing aquestionnaireinstrument. The instruments ware learning organization and self improvement questionare. The finding indicated that 56,6% of the nurses perception of learning organization were good, and 62,7% of their improvement were excellence. It was concluded that there was a significance correlation between learning organization and self improvement. The learning organization perception of them had strong relationship with learning dynamic, empowering human resources, managing knowledge. According to the workforce powerful, the manager is supposed to set up a group of learning, organize learning dynamic through training and increase nurses role in order to gets their self achievement.
Keyword: Learning organization, perception, self improvement, nurses