Implementasi Evaluasi Kualitas Kinerja Pembelajaran Dengan Metode Focused Quality Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang)
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Kebijakan perbaikan kinerja proses pembelajaran di UNIPDU harus dilakukan untuk peningkatan daya saing. Kinerja proses pembelajaran menuntut kualitas baik dari segi perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi dan menetapkan prioritas utama kinerja pembelajaran, sebagai kebijakan peningkatan kualitas pembelajaran di UNIPDU. Salah satu metode evaluasi kualitas kinerja adalah metode Fokus Quality yang akan digunakan dalam penelitian ini, untuk menentukan prioritas utama kinerja pembelajaran di UNIPDU. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini dapat diketahui prioritas utama yang harus diperbaiki  adalah, pertama pembaharuan materi kuliah, kedua pemberian respon terhadap kesulitan mahasiswa, ketiga sistem penjadwalan, keempat peranan dosen pembimbing, kelima perbaikan pelayanan dosen, keenam perbaikan fasilitas pembelajaran, ketujuh 4K, kedelapan pembaharuan kurikulum, kesembilan metode kuliah, kesepuluh kesesuaian materi kuliah, dan kesebelas keterbukaan manajemen.Hasil analisis data diketahui bahwa UNIPDU memperoleh angka rata-rata kinerja 5,95 (59,5%) memiliki arti tingkat kinerja pembelajaran katagori sedang.
Kata kunci : evaluasi kualitas, kinerja pembelajaran, focused quality
ABSTRACT
Improved policy performance in the learning process UNIPDU be done to increase competitiveness. Performance of the learning process requires good quality in terms of planning, implementation and evaluation. The purpose of this study is to evaluate and define the main priorities of learning performance, as the policy of improving the quality of learning in UNIPDU. One method of evaluation of performance quality Quality is the Focus method to be used in this study, to determine the priority of learning performance in UNIPDU. Based on calculations in this study can be seen that the main priority must be repaired is the first renewal of the course material, both giving a response to the difficulties of students, third-scheduling system, the role of supervisor fourth, fifth repair service teachers, sixth improvement of learning facilities, 4K seventh, eighth curriculum renewal, the ninth lecture method, lecture material suitability tenth, and eleventh of transparency.he results of data analysis has been known that UNIPDU obtain the average performance of 5.95 (59.5%) had a mean performance level category learning was.
Â
Keywords: quality evaluation, learning performance, quality focused