Pergantian Senjata NPC pada Game FPS Menggunakan Fuzzy Sugeno

Isi Artikel Utama

Yunifa Miftachul Arif
Ady Wicaksono
Fachrul Kurniawan

Abstrak

Abstrak

Pengembangan kecerdasan buatan dalam game bertujuan untuk membuat aksi dan reaksi yang secara otomatis pada NPC (Non-Player Character). Penelitian ini membahas tentang bagaimana sistem perubahan senjata secara otomatis pada NPC berdasarkan perubahan kondisi lingkungan yang dihadapi. Metode yang digunakan untuk menentukan jenis senjata yang digunakan pada penelitian ini adalah fuzzy sugeno. Untuk menghasilkan output fuzzy yang bervariasi, maka digunakan variabel jarak musuh dan jumlah teman. Desain pergantian senjata yang dibuat menggunakan software Matlab selanjutnya diujicobakan dalam game First Person Shooter menggunakan Torque Game Engine. Dalam hasil ujicoba game terjadi respon pergantian senjata pada masing-masing NPC terhadap kondisi yang dihadapi sesuai dengan rule fuzzy yang sudah didesain sebelumnya.

 

Kata kunci: NPC, pergantian senjata, otomatis, fuzzy sugeno.

Rincian Artikel

Bagian
Prosiding Teknologi
Biografi Penulis

Yunifa Miftachul Arif, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum) http://www.unipdu.ac.id/

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Saintek, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Ady Wicaksono, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum) http://www.unipdu.ac.id/

Jurusan Multimedia, SMKN 3 Batu

Fachrul Kurniawan, Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum) http://www.unipdu.ac.id/

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Saintek, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang