Perbandingan metode Double Exponential Smoothing dan Simple Moving Average pada kasus peramalan penjualan

Authors

  • Fajar Rohman Hariri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Waskita Sari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Chamdan Mashuri Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/teknologi.v11i2.2348

Abstract

Toko Bangunan Barokah (TB. Barokah) yang berada di Singosari, Malang, Jawa Timur adalah salah satu toko yang menjual bahan bangunan. Beberapa barang yang dijual adalah semen putih dan semen hitam. Jumlah penjualan semen setiap bulan sangat beragam dan fluktuatif. Semen hitam menempati angka sangat tinggi dibandingkan semen hitam pada grafik penjualan setiap bulannya. Begitu juga dengan semen hitam merek Bosowa, semen putih merek Gresik dan merek Tiga Roda meskipun permintaan kecil, tetapi masih terjadi pergerakan jumlah penjualannya. Jumlah permintaan yang sangat fluktuatif menjadikan jumlah persediaan produk yang disiapkan tidak pasti, yang dipengaruhi oleh jumlah jenis dan merek, sehingga manajemen persediaan produk kesulitan dalam penyediaannya. Penelitian ini bertujuan untuk meramal jumlah semen yang terjual di bulan berikutnya, serta untuk mengetahui kinerja antara kedua metode Double Exponential Smoothing (DES) dan Simple Moving Average (SMA) untuk melakukan forecasting hasil penjualan semen pada TB. Barokah. Metode SMA mampu melakukan peramalan dengan data permintaan atau penjualan yang stabil/konstan. Sedangkan metode DES mampu dan dapat memberikan nilai pada bobot secara bertingkat dengan data up to date. DES mampu melakukan peramalan penjualan semen tiap bulan dengan nilai rata-rata percentange error (PE) 0,14%, sedangkan SMA dengan nilai rata-rata PE 1,35%.  Berdasarkan hasil pengujian menggunakan data dari TB. Barokah didapatkan bahwa metode yang paling efektif adalah DES karena memiliki nilai PE lebih kecil dibandingkan dengan SMA.

Author Biographies

Fajar Rohman Hariri, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Teknik Informatika

Waskita Sari, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Teknik Informatika

Chamdan Mashuri, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Sistem Informasi

References

Agusta, A., & Anwar, S. N. (2019). Aplikasi Forecasting Penjualan dengan Metode Single Exponential Smoothing (Studi Kasus: Optik Nusantara). SINTAK 2019: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Aplikasi Komputer 2019, 3, pp. 278-281.

Andini, T. D., & Auristandi, P. (2016). Peramalan Jumlah Stok Alat Tulis Kantor di UDACHMAD JAYA Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1).

Apriliani, A., Zainuddin, H., Agussalim, A., & Hasanuddin, Z. B. (2020). Peramalan Tren Penjualan Menu Restoran Menggunakan Metode Single Moving Average. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(6), 1161-1168.

Ariyanto, R., Puspitasari, D., & Ericawati, F. (2017). Penerapan Metode Double Exponential Smoothing pada Peramalan Produksi Tanaman Pangan. JIP (Jurnal Informatika Polinema), 4(1), 57-62.

Astuti, Y., Novianti, B., Hidayat, T., & Maulina, D. (2019). Penerapan Metode Single Moving Average untuk Peramalan Penjualan Mainan Anak. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SENSITIf 2019) (pp. 253-261). Makassar: STMIK Dipanegara Makassar dan STMIK Profesional Makassar.

Darnila, E., Asrianda, A., & Jannah, R. (2019). Aplikasi Peramalan Jumlah Pemohon Paspor Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing pada Kantor Imigrasi Kelas II Kota Lhokseumawe. TECHSI: Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 11(2), 257-267.

Putra, M. S., & Solikin, I. (2019). Aplikasi Peramalan Stok Alat Tulis Kantor (ATK) Menggunakan Metode Single Moving Average (SMA) pada PT. Sinar Kencana Multi Lestari. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 4(2).

Rachman, R. (2018). Penerapan Metode Moving Average dan Exponential Smoothing pada Peramalan Produksi Industri Garment. Jurnal Informatika, 5(1), 211-220.

Rahmad, B. (2018). Perbandingan Metode Peramalan pada Penjualan Gantungan Baju. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri 2018.

Sakkung, C. V., & Sinuraya, C. (2011). Perbandingan Metode EOQ (Economic Order Quantity) dan JIT (Just in Time) Terhadap Efisiensi Biaya Persediaan dan Kinerja Non-Keuangan (Studi Kasus pada PT Indoto Tirta Mulia). Akurat: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(5).

Satyarno, I. (2004). Penggunaan Semen Putih untuk Beton Styrofoam Ringan (BATAFOAM). Seminar Nasional Teknik Sipil (pp. 36-45). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Suliyanto, S. (2008). Teknik Proyeksi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2021-06-09

Issue

Section

Articles