Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat penggunaan e-commerce: Studi kasus di Shopee Indonesia

Authors

  • Ricky Andi Kurniawan Universitas Internasional Batam
  • Mikhael Chendra Universitas Internasional Batam
  • Kelvin Kelvin Universitas Internasional Batam
  • Kevin Anderson Universitas Internasional Batam
  • Wahyu Yudianto Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.26594/teknologi.v11i2.2408

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of perceived usefulness, perceived ease of use, risk, trust, and attitud e toward using on interest in using the Shopee application. The types that we use for research are qualitative and quantitative. This research was conducted with a number of respondents as many as 168 respondents. The sampling technique used was the cluster & stratified, dispropotional, random sampling technique. Hypothesis testing using multiple linear regression. The results showed that trust in conducting transactions and behavior in transactions can affect the interest in using the Shopee application in Batam city and other factors do not affect people's decisions in the city of Batam. The test results of the coefficient of determination on the adjusted R2 value show a value of 0.56 which means the independent variables in the study show a value of 56% and the other 44% is explained by the outside variables. This research can be a reference for readers in determining how to attract users to use or transact at Shopee in the city of Batam.

Author Biographies

Ricky Andi Kurniawan, Universitas Internasional Batam

Sistem Informasi

Mikhael Chendra, Universitas Internasional Batam

Sistem Informasi

Kelvin Kelvin, Universitas Internasional Batam

Sistem Informasi

Kevin Anderson, Universitas Internasional Batam

Sistem Informasi

Wahyu Yudianto, Universitas Internasional Batam

Sistem Informasi

References

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155-168.

Budiastuti, A. D., & Mu'id, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce pada Aplikasi Shopee dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Diponegoro Journal of Accounting, 9(4).

Damayanti, V. (2019). Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa UST Yogyakarta Pengguna Shopee. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Doni, F. R. (2017). Perilaku Penggunaan Smartphone pada Kalangan Remaja. E-Speed, 9(2), 16-23.

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online pada Pengunjung Website Classifieds di Inonesia. Journal of Business Management and Enterpreneurship Education, 1(1), 181-193.

Istiqomah, I., Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang. Progress Conference. 2, pp. 557-563. Lumajang: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang.

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan sebagai Intervening Variable pada e-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43.

Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen pada e-Commerce Shopee. Bisma: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), 82-91.

Loanata, T., & Tileng, K. G. (2016). Pengaruh Trust dan Perceived Risk pada Intention To Use Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Situs E-Commerce Traveloka). JUISI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi), 2(1), 64-73.

Nurhalim, A. D. (2021). Analisis Pergeseran Perilaku Konsumen Dalam Niat Beli Di Sektor Otomotif E-Commerce Indonesia. Jurnal Bina Manajemen, 9(2), 113-125.

Sekarsari, N. R. (2018). Pengaruh Percevied Ease of Use, Percevied Usefulneds, dan Perception of Product Risk Terhadap Online Shopping Intention pada Produk Fashion. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(5), 102-110.

Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Penggunaan E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2).

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen pada e-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23-36.

Yulistia, Y. (2017). Analisis Pengaruh Efektivitas dan Manfaat e-Commerce Terhadap Sikap dan Perilaku Pengguna dengan Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus: UKM Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 4(1), 93-100.

Zulfa, L. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen e-Commerce Shopee di Kota Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2021-06-09

Issue

Section

Articles