Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMK YAPEMI Pagelaran
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i1.4688Keywords:
Strategi Kepala Sekolah, Peserta Didik, Sekolah Menengah Kejuruan, Principal’s Strategy, Students, Vocational High SchoolAbstract
Peserta didik merupakan komponen utama dalam pendidikan. Pada saat ini dunia pendidikan memiliki banyak persaingan untuk mendapatkan jumlah peserta didik, dan SMK YAPEMI Pagelaran masih memilik peserta didik yang sedikit. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga perlu mengadopsi strategi yang efektif untuk menarik minat calon peserta didik agar jumlah mereka terus bertambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMK YAPEMI Pagelaran, serta mengetahui kendala-kendala dalam melaksanakan strategi untuk meningkatkan peserta didik SMK YAPEMI Pagelaran. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SMK YAPEMI Pagelaran, Pringsewu, Lampung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Dengan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), metode interview (wawancara), dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya jumlah peserta didik dan meningkatnya kualitas peserta didik, menjadikan SMK YAPEMI Pagelaran mampu bersaing dengan ketat didunia pendidikan dan menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat.
Students are the main component in education. Currently, the world of education has a lot of competition for the number of students, and YAPEMI Pagelaran Vocational School still has a small number of students. The school principal, as the leader of the institution, needs to adopt effective strategies to attract prospective students' interest to ensure a continuous increase in their numbers. The purpose of this research is: to find out the strategies used by school principals in increasing the number of students at YAPEMI Pagelaran Vocational School; and to find out the obstacles in implementing strategies to increase students at YAPEMI Pagelaran Vocational School. The type of research method used is qualitative with a descriptive approach. The research location is YAPEMI Pagelaran Vocational School, Pringsewu, Lampung. The subjects in this research were school principals, teachers and students. The data collection used is observation, interview method and documentation method. The results of this research are an increase in the number of students and an increase in the quality of students, making YAPEMI Pagelaran Vocational School able to compete fiercely in the world of education and establish good communication with the community.
References
Astuti, Sri. “Analisis Bauran Promosi dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru di FKIP UHAMKA Jakarta.” Jurnal Utilitas 1, no. 1 (April 2015).
Bararah, Isnawardatul. “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Mudarrisuna 10, no. 2 (April-Juni 2020).
Budio, Sesra. “Strategi Manajemen Sekolah.” Jurnal Menata 2, no. 2 (2019).
Djafri, Novianty. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Hasibuan, Tri Wulan, Fitri Hayati, dan Nasrul Syakur Chaniago. “Strategi Rekrutmen Peserta Didik di SMP Karya Bunda.” Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 4 (Oktober 2023).
Kamaliah, Kamaliah. “Hakikat Peserta Didik.” Educational Journal: General and Specific Research 1, no. 1 (2021): 1–55.
Kemdikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.
Mulyasa, E. Sreategi Pendidikan. Jakarta: Pustaka, 2006.
Ningsih, Tri Wahyu, M. Athoiful Fanan. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Sosial dan Ma’arif 2 Sidoarjo.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023).
Priansa, Donni Juni, dan Rismi Somad. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2014.
Soleh, Abdurahman. “Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Mempromosikan Madrasah Tsanawiyah Kholid Bin Walid Dukuhmencek Sukorambi Jember.” (Universitas Islam Negri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember, 2022).
Surahman, Deden Daud. “Strategi Branding Teknologi Digital dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al Amin Mojokerto.” Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa 1, no. 4 (Oktober 2021).
Usup, Usup, Dewi Utami, dan Dadan Mardani. “Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Bogor.” Student Scientific Creativity Journal (SSCJ) 1, no. 1 (Januari 2023).
Wardhana, Ardiyanto. “Strategi Promosi Penerimaan Peserta Didik Baru (Study Kasus SMK Kesehatan Cipta Bakti Husada Yogyakarta).” Channel: Jurnal Komunikasi 6. no. 1 (2018): 102-103.