Manajemen Strategis Supervisi Kepala Sekolah dalam Membangun Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Swasta
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i1.2417Kata Kunci:
Manajemen strategis, supervisi, pendidikan karakterAbstrak
Pendidikan karakter adalah sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam tingkah laku seseorang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi untuk mengungkap fakta manajemen supervisi kepala sekolah dalam membangun pendidikan karakter sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Ndewel Kecamatan Mbliling Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ada tujuh strategi yang dilakukan kepala sekolah, yaitu: pertama, menanamkan nilai jujur dan cinta tuhan; kedua, menanamkan nilai tanggung jawab; ketiga, menanamkan nilai hormat dan santun; keempat, menanamkan nilai dermawan, tolong menolong dan gotong royong; kelima, percaya diri; keenam, kreatif; dan ketujuh, pekerja keras. Faktor pendukung dalam keberhasilan penanaman nilai karakter MI Nurul Iman Ndewel adalah: kerja sama komponen sekolah; adanya keterbukaan dan responsible; dan bimbingan dan pengarahan.Referensi
A’yuna, Qurrata. “Kontribusi Peran Orangtua dan Guru Mata Pelajaran Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa.” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 1 (2015): 1.
Admidjo, Wahjo. Kepemimpinan Kelapa Sekolah. Jakarta: Media Pustaka, 2013.
Asanni, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yokyakarta : Diva Press, 2011.
Barmawi, Barnawi, dan M. Arifin, Strategi dan Kebijakan Pendidikan Karakter. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Burhanudin, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.
Hanan, Abdul. “Analisis Managemen Strategik Kepala MTs Islahul Muslimin Senteluk Lombok Barat Perspektif SWOT.” Jurnal Manageria 3, no 1 (2018): 166.
Https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01289661/7-dari-10-siswa-pernah-alami-kekerasan-di-sekolah-414380. Diakses tanggal 25 januari 2021.
Khoiri, Ahmad. “Managemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Manageria 1, no 1 (2016): 83.
Majid, Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Prefektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim. “Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras.” Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 15, no. 1 (2019): 79–87.
Muhammad, Isnaini. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Krakter di Madrasah.” Jurnal Ta’lim 1, no. 6 (November 2016): 447.
Mulyasa, E. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Narwanti, Sri. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia. 2011.
Nawawi, Haidar. Administrasi Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012.
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.
Ramadhan, Ahmad. “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene.” Journal of Educational Science and Technology (EST) 3, no 2 (2017): 142.
Rindaningsih, Ida. “Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (Beyond Center and Circle Time) pada PAUD.” Jurnal Pedagogia 1, no. 2 (Juni 2012).
Sahertian, Piet A. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono, Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet, 2013.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Peneltian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Stategi Membangun Karakter Bangsa Berkepribadian. Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Imlementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani. 2012.