Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i2.2648Kata Kunci:
Learning outcome, learning achievement.Abstrak
Implementation of the learning and teaching process is the core of education in schools. There are several factors that influence the teaching and learning process that should be considered by educators to determine strategic steps in the learning process. This study aims to examine the concept of student learning outcomes from various aspects, and examine the factors that influence it. This is a literature review that applies a qualitative descriptive method. The results of this study conclude that there are three aspects of student achievement in learning, namely cognitive aspects, affective aspects, and psychomotor aspects. There are two factors that influence the results of these achievements. First, internal factors, namely physiological factors, psychological factors, physical and psychological maturity factors. Second, external factors, namely social factors, cultural factors, and environmental factors.
Referensi
Ahmadi, Abu, dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Amni Fauziah, “Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang,” Jurnal JPSD 4, no. 1 (2017): 49.
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Babuta, Asma Is, dan Abdul Rahmat. “Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (Maret 2019): 6.
Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 2011.
Dewi, Dewi, Rika Rika, dan Marwan, Marwan. “Pengaruh Faktor Fisiologis, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di SMAN 2 Painan.” Jurnal EcoGen 2, no. 4 (Desember 2019): 697.
Fadillah, Ahmad. “Analisis Minat Belajar dan Bakat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1, no. 2 (Agustus 2016): 117-118.
Halimah, Siti. “Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang.” Jurnal Dewantara 1, no. 1 (Januari 2019): 1.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Idzhar, Ahmad. “Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Office 2, no. 2 (Juni 2016): 223.
Kirom, Askhabul. “Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no 1 (Desember 2017): 73-74.
Kurniawan, Machful Indra. “Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.” Journal Pedagogia 4, no. 1 (Februari 2015): 45-46.
Lestari, Indah. “Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 3 no. 2 (Juni 2015): 117-118.
Megasari, Rika. “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi.” Jurnal Administrasi Pendidikan 2, no. 1 (Juni 2014): 639.
Mulyani, Dessy. “Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar.” Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling 2, no. 1 (Januari 2013): 30.
Nasution, Sangkot. “Pendidikan Lingkungan Keluarga.” Tazkiya 8, no. 1 (Januari-Juni 2019): 115-116.
Rusman, Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Slameto, Slameto. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Soeljipyo, Soeljipyo, dan Raflikosasi Raflikosasi. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (Agustus 2013): 343
Subrata, Sumadi Surya. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2000.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.
Surakhmad, Winarno. Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Jemmars, 2001.
Susilowati, Endah. “Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa Akselerasi Tingkat SMP.” Jurnal Online Psikologi 1, no. 1 (Desember 2013): 105.
Sutrisno, Valiant Lukad Perdana. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Vokasi 6, no. 1 (Februari 2016): 12.
Suwardi, Dana Ratifi. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata PelaJaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus.” Economic Education Analysis Journal, no. 2 (Juni 2012): 2.
Syafi’i, Ahmad. “Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya.” Jurnal Komunikasi Pendidika 2, no 2 (Juli 2018): 117.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Thobroni, M. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Wulandari, Bekti. “Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 3, no 2 (Juni 2013): 180.