Penerapan Asesmen Berbasis Aplikasi Raportku di Taman Kanak-Kanak

Penulis

  • Rahmat Hamdani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rabiatul Adhawiyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Amalia Muchsinun Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Harisa US Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Salamah Salamah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ity Rukiyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i1.3128

Kata Kunci:

Asesmen, Aplikasi, Taman Kanak-Kanak, Teknologi | Assessment, Application, Kindergarten, Technology.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asesmen berbasis aplikasi raportku.hol.es yang telah digunakan oleh TK Negeri Pembina Penajam sejak tahun 2018. Aplikasi ini memiliki beberapa menu dengan masing-masing fungsinya, seperti menu Data Sekolah, Rombongan Belajar, Data Siswa, dan Penilaian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu analisis mengalir dengan melawati beberapa tahapan, dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, display data (penyajian data), dan terakhir conclussion (kesimpulan). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi saat ini dapat memudahkan asesmen yang dilakukan oleh guru dalam menilai hasil belajar peserta didik. dengan adanya laporan berbasis online ini penyajian data capaian hasil belajar siswa lebih cepat, dan dokumentasi capaian perkembangan anak tersimpan dengan baik secara online. Selain kelebihan, terdapat pula kekurangan aplikasi ini, yaitu harus terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Secara keseluruhan, asesmen berbasis aplikasi raportku.hol.es melalui 3 tiga tahapan, yaitu: persiapan, pelaksanaan penilaian, evaluasi penilaian. Pada tahapan persiapan terdiri dari input database sekolah, input database peserta didik, dan setting rombongan belajar dan perencanaan pembelajaran, serta perencanaan penilaian, Selanjutnya tahapan pelaksanaan penilaian, input capaian pembelajaran siswa kedalam aplikasi setiap hari setelah kegiatan pembelajaran selesai, dan terakhir tahapan evaluasi penilaian yaitu proses penyalinan dan print-out raport yang merupakan data kumulatif dari penilaian harian yang telah dilakukan oleh guru.

This study aims to describe the raportku.hol.es application-based assessment that has been used by TK Negeri Pembina Penajam since 2018. This application has several menus with each function, such as the School Data, Study Group, Student Data, dan Assessment menus. The research was conducted using qualitative methods. Observation, interviews, dan documentation were the techniques used to collect data in this study. Researchers use the Miles dan Huberman analysis model, namely flow analysis by going through several stages starting from data collection, data condensation, data display, dan finally conclussion. The results revealed that current technological advances can facilitate assessments carried out by teachers in assessing student learning outcomes. With this online-based report, the presentation of data on student learning outcomes is faster, dan documentation of children’s developmental achievements is well stored online. In addition to the advantages, there are also disadvantages of this application, which must be connected to a stable internet network. Overall, application-based assessment raportku.hol.es through 3 three stages, namely preparation, implementation of assessment, evaluation of assessment. The preparation stage consists of school database input, student database input, dan learning group settings dan learning planning, as well as assessment planning, then the assessment implementation stage, student learning achievement input into the application every day after learning activities are completed, dan finally the assessment evaluation stage, namely the process of copying dan printing out report cards which is cumulative data from daily assessments that have been carried out by the teacher.

Referensi

Aini, Qurotul, Untung Rahardja, Nuke Puji Lestari Santoso, dan Anggun Oktariyani. “Aplikasi Berbasis Blockchain dalam Dunia Pendidikan Dengan Metode Systematics Review.” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 6, no. 1 (2021): 58–66.

Diniputri, Afifa, dan Suhendi. “Implementasi Sistem E-Rapor Guna Mengetahui Perkembangan Anak Berbasis Moodle Studi Kasus Paud Azizah.” Jurnal Informatika Terpadu 7, no. 1 (2021): 08–14.

Fitriani, Finy. “Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI.” Genderang Asa: Journal of Primary Education 2, no. 2 (2021): 30–42.

Harmanto, Bambang, dan Dian Kristiana. “Beralih dari Pelaporan Manual ke Digital.” Jurnal Senari 11, no. 5 (2017).

———. “Memudahkan Pelaporan Perkembangan Anak TK Melalui Program Aplikasi.” JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD 2, no. 2 (2018): 103–110.

Idris, Mimi Musmiroh, dan Abas Asyafah. “Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 3, no. 1 (2020): 1–9.

Mahbub, Muhammad Fathul. “Penerapan E-Report di PAUD Masalikil Huda untuk Meningkatkan Informasi Perkembangan Anak Berbasis WEB.” Universitas Islam Nahdatul Ulama, 2019.

Muin, Agus Alim, dan Muhammad Firdaus. “Penerapan Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar Negeri 2 Ilung Pasar Lama Berbasis Web.” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer 3, no. 2 (2019): 28–33.

Prawesti, A J, A R Koesdyantho, dan R Widyaningrum. “Assessment Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV C dalam Pembelajaran Online di SD Negeri Kroyo Sragen.” Jurnal Sinektik 4, no. 2 (2021): 142–151.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). 16th ed. Bandung: ALFABETA, 2013.

Suyati. “E-RAPOR Pada Sekolah Dasar Negeri Cawang 09 Jakarta Berbasis Web.” PROSISKO Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer 10, no. 1 (2023): 32–40.

Talango, Sitti R, dan Wiwik Pratiwi. “Aesmen Perkembangan Anak (Studi Kasus Asesmen Perkembangan Anak Usia 2 Tahun).” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 2 (2018): 49–60.

Umami, Muzlikhatun. “Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 222–232.

Wahyono, Hari. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0.” Proceeding of Biology Education 3, no. 1 (2019): 192–201.

Winarti, Titin, Prind Triajeng Pungkasanti, dan Basworo Ardi Pramono. “Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Pembuatan Rapor bagi Guru PAUD di Kota Semarang.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 13, no. 1 (2022): 29–32.

Zuhra, Nurliza. “Kesulitan Guru dalam Menilai Aspek Perkembangan Anak Usia Dini di PAUD Az-Zahara.” In Fordetak: Seminar Nasional PEndidikan: Inovasi Pendidikan di Era Society 5.0, 65–72. Palangka Raya: Prosiding Seminar Nasinal Inovasi Pendidikan, 2022.

Diterbitkan

2023-07-22

Cara Mengutip

Hamdani, R., Adhawiyah, R., Muchsinun, A., US, H., Salamah, S., & Rukiyah, I. (2023). Penerapan Asesmen Berbasis Aplikasi Raportku di Taman Kanak-Kanak. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 63–73. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i1.3128

Terbitan

Bagian

Artikel