Penempatan Sumber Daya Manusia Sesuai Bidang Keahlian dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar Islam
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i1.3559Kata Kunci:
Penempatan Sumber Daya Manusia, Prinsip Penempatan Sumber Daya Manausia, Sumber Daya Manusia | Human Resource Placement, Principles of Human Resource Placement, Human Resources.Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pentingnya penempatan sumber daya manusia sesuai bidang keahlian dan tanggunng jawab di SDI (Sekolah Dasar Islam) Al Azhar Tulungagung. Penempatan sumber daya manusia akan menunjang kinerja dan aktivitas yang progresif. Penempatan sumber daya manusia di SDI Al Azhar dilakukan dengan meninjau beberapa faktor. Pertama, pengetahuan yang dibaca melalui linerisasi pendidikan formal maupun nonformal terhadap beban kerja yang akan diampu. Kedua, kemampuan yang menitikfokuskan pada riwayat organisasi pendaftar. Ketiga, sikap yang bertujuan untuk membaca tingkat komitmen terhadap SDI Al Azhar Tulungagung melalui wawancara bagi pendaftar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi kemudian dianalisis melalui kondensasi, penajian data serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menyimpulkan bahwa penempatan sumber daya manusia di SDI Al Azhar Tulungagung secara garis besar berdasarkan prinsip “the right man in the right place and the right man on the right job.” Prinsip tersebut dapat menujnjung nilai tanggung jawab bagi sumber daya manusia. Selain itu prinsip tersebut dapat membangun pendidikan inklusi di SDI Al Azhar Tulungagung.
This study aims to describe the importance of the placement of human resources according to the field of expertise and responsibility at SDI Al Azhar Tulungagung, placement of human resources will support performance explicitly in order that it can carry out its activities progressively. The placement of human resources at SDI Al Azhar reviews several Faktors. Firstly, the knowledge that is viewed based on formal and non-formal education linerisation. Second, ability which focuses on the applicant's organisational history. Third, the attitude that can measure how committed the applicant to SDI Al Azhar Tulungagung through interviews. This research uses descriptive qualitative approach. Data obtained through in-depth interviews, observation and documentation studies were then analysed through triangulation. The results of the study state that the placement of human resources at SDI Al Azhar Tulungagung is based on the principle of “the right man in the right place and the right man on the right job.” This principle can support the value of responsibility for human resources. In addition, this principle can build inclusive education at SDI Al Azhar Tulungagung.
Referensi
Abdurrahmat, Fathoni. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rineka Cipta, 2006.
Alhaddad, Muhammad Roihan, Ahmad Syukri Saleh, and Kasful Anwar US. “Penempatan Pegawai di Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits.” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 3, no. 1 (2019): 17.
Amrulloh, Amrulloh. “Tawaran Komplementer Hadis Nabi Untuk Gagasan “The Right Man on The Right Job”: Penelitian dan Pemahaman Hadis “Idh? Wussida al-Amr ila Ghayri Ahli-hi fa-Inta?ir al-S?‘ah”.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 312-335.
?Azahra, Fatma, and Junaidi Junaidi. “Menata Iklim Sekolah yang Kondusif pada Lembaga Pendidikan Agama Islam.” ANTHOR: Education and Learning Journal 1, no. 6 (2022): 309–314.
Bahri, Syaiful. “Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 14 (2022).
Bernardin, John H., and Russel E.A. Joyce, Human Resources Management. New York: MacGraw-Hill.Inc, 1993.
Dewi, Vemmi Kusuma, Dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Eviana, Erma. “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMPN 3 Pulung Ponorogo.” Skripsi IAIN Ponorogo (2022): 1–105.
Famila, Rosa, and Binti Maunah. “Pembinaan Keterampilan Mengajar Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru.” Jurnal Koulutus 5, no. 2 (2022): 71–82.
Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti. Metodelogi Penelitian. Malang: Madani, 2020.
Hadi, Mahfudz Syamsul, and M. Hasan Muammar. “Dampak Kosmopolitanisme Islam terhadap Pendidikan Islam di Dunia Global.” DIRASAT: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 48–70.
Hasibuan, Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi aksara, 2007.
Jumadi, Ahmad. “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok.” UNISAN JURNAL: Jurnal Manajemen dan Pendidikan 02, no. 02 (2023): 84–90.
Marnis, Marnis, and Priyono, Priyono. Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2008, https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9781107415324A009/type/book_part 5.
Mu’ah, Mu’ah, and Masram Marsam. Manajemen Sumber Daya Manusia: Profesional. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2017.
Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.
Prastowo, Prastowo. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Roger, Carl. Freedom to Learn and Freedom to Learn for the 80’s. Colombus, Ohio: C.E. Merrill Publishing Company, 1983.
Rusman, Rusman. “Penempatan Sumber Daya Manusia Profesional di Lembaga Pendidikan Islam.” Tadarus Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2016): 123–138.
Rusmono, D. O. “Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 7, no. 2 (2020): 209–217.
Sastradiharja, E., dan M. Sutarya. “Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi: Studi pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta.” Alim Journal of Islamic 1, no. 2 (2020): 1–118.
Schuler, Randall S., and Susan E. Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad 21. Jakarta: Erlangga, 1997.
Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi aksara, 2008.
Sidiq, Umar. Manajemen Madrasah. Ponorogo: Nata Karya, 2018.
Sukandarrumidi, Sukandarrumidi. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.
Sunhaji, Sunhaji. Manajemen Madrasah. Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2008.
Tarigan, Mardinal, et al. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2022): 149–159.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2011.
Umami, Santi Rika, and Amrulloh Amrulloh. “Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 112–129.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Sistem Pendikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2011.
Wahyuni, Yayuk Sri. “Analysis of Government Policy on Education: Korelasi Tingkat Ekonomi Keluarga dengan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 3, no. 1 (2017): 103–121.
Wathoni, K. “Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pendidikan Islam.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2013).
Wati, E. “Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Ilmiah Didaktika 14, no. 2 (2014): 368–378.
Yahya, Muh, et al. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia pada Kompetensi Guru SMK 1 Wahyu Makassar.” YUME: Journal of Management 6, no. 1 (2023): 661–670.