Kebijakan Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin pada Peserta Didik Tahun 2023 di Madrasah Tsanawiyah Negeri

Penulis

  • Muhamad Fahmi Ridho Auliya UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.4087

Kata Kunci:

Kebijakan, Karakter Religius, Karakter Disiplin, Peserta Didik, Policy, Religious Character, Discipline Character, Students

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan karakter religius dan disiplin pada peserta didik di MTs N 2 Kota Magelang; menganalisis langkah-langkah pendidikan karakter religius dan disiplin pada peserta didik di MTs N 2 Kota Magelang; menganalisis penghambat dan solusi pendidikan karakter religius dan disiplin pada peserta didik di MTs N 2 Kota Magelang. Responden Penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data-data tersebut dikumpulkan dengan divalidasi dari hasil observasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan karakter religius dan disiplin pada peserta didik di sekolah diawali dengan perumusan visi dan misi sekolah, tugas dan wewenang Kepala Madrasah serta jargon MTs N 2 Kota Magelang; langkah-langkah pendidikan karakter religius dan disiplin pada peserta didik di MTs N 2 Kota Magelang dilakukan dengan persiapan RPP, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi (kegiatan Intrakulikuler) dan melalui kegiatan ekstrakulikuler (tilawah, PMR, pramuka); hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya kesadaran peserta didik untuk memperbaiki karakter pada diri masing-masing, kemudian kurangnya kepedulian/perhatian bagi guru dan karyawan akan memberikan keteladanan pada peserta didik. Solusi yang diperoleh yaitu dengan mengadakan evaluasi pada setiap kegiatan penanaman karakter religius dan disiplin serta peningkatan kompetensi pada setiap guru dan karyawan agar dapat menyikapi setiap permasalahan yang terjadi dengan baik, sehingga dapat mewujudkan kepribadian peserta didik yang religius dan disiplin.

This study aims to analyze religious and disciplinary character education policies for students at MTs N 2 Magelang City; analyze steps for religious and disciplinary character education for students at MTs N 2 Magelang City; analyze obstacles and solutions religious character education and discipline for students at MTs N 2 Magelang City. Respondents to this study were the Head of Madrasah, Deputy Head of Curriculum, Islamic Religious Education teachers. This research uses a qualitative approach with a case study type. These data were collected by being validated from observations and interviews. The results of the study show that the policy of religious character education and discipline for students in schools begins with the formulation of the school’s vision and mission, the duties and powers of the Madrasah head and the Jargon of MTs N 2 Magelang City; the steps for religious character education and discipline for students at MTs N 2 Magelang City are carried out with the preparation of lesson plans, implementation of learning, evaluation (intracurricular activities) and through extracurricular activities (recitations, PMR, scouts); the obstacles encountered are the lack of awareness of students to improve their character, then the lack of care/attention for teachers and employees will set an example for students. The solution obtained is to conduct an evaluation of every activity of cultivating religious and disciplinary character as well as increasing the competence of each teacher and employee so that they can properly address any problems that occur, so as to realize the personality of students who are religious and disciplined.

Referensi

Abdillah, A., & Syafe’i, I. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 17–30. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-02

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1), 70. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Baehaqi, M. L., & Murdiono, M. (2020). Strengthening Discipline Character of Students at Muhammadiyah Boarding-School (MBS) Muhiba Yogyakarta. Dinamika Ilmu, 20(1), 63–82. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.1671

Budiyono, & Harmawati, Y. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru Dan Orang Tua Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Universitas PGRI Madiun, 1–10.

Cahyono, H. (2015). ( Sebuah studi di SDN 1 Polorejo ) Menurut Fuad Ihsan ( 2005 , 1-2 ) pendidikan adalah sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan pembawaan baik jasamani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat dan Pendidikan bag. 3(2), 5–12.

Fatmawati, Z., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). Komunikasi Kepala Sekolah Dengan Warga Sekolah Untuk Mewujudkan Visi Dan Misi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 198–205. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p198

Fitakila, S. (2018). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Upaya Pengendalian Perilaku Menyimpang Siswa Smp Islam Al-Istiqomah Depok. Sosietas, 7(1), 359–365. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10350

Gobel, S., Roskina Mas, S., & Arifin, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Karakter Religiusitas. Jambura Journal of Educational Management, 1, 1–12. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.102

Hendayani, Meti. “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019): 183.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23

KE, M. (2016). No Title ????? ????? ?????? ????. ??? ???????? ???? ??????? ??????? ????? ????? ????:, 147(March), 11–40.

Muhammad, G., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 161–174. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.14772

Munawwarah, H. (2021). Pendidikan Karakter Anak Perspektif Aliran Filsafat Behaviorisme. Jurnal Golden Age, 5(02), 71–82.

Nur’aeni, N., Faiz, A., & Rahayu, F. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa di SD Negeri 1 Trusmi Wetan. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(1), 30. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.14975

Nurliyah, N., Bisri, H., & Hartati, Y. (2017). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Program Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.30997/dt.v4i1.824

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Pascasarjana, P., & Yogyakar, U. N. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta The role of teachers and headmaster in character education of student of SMA 3 Yogyakarta. 16(1), 109–123.

Rini Hayati, Z. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Mts Skb 3 Menteri Sei Tontong Tahun Pembelajaran 2021/2022. Education Achievement: Journal of Science and Research, 3(2), 93–104. https://doi.org/10.51178/jsr.v3i2.703

Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga.

Sirojudin, Didin, Imam Fuadi, and Abad Badruzaman. “Learners Development Management: Discipline Construction in Strengthening Religious Character.” International Journal of Research Publications 108, no. 1 (2022): 271–80. https://doi.org/10.47119/ijrp1001081920223865.

Wahyuni, Ida Windi, and Ary Antony Putra. “Kontribusi Peran Orangtua Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (2020): 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854.

Diterbitkan

2024-01-19

Cara Mengutip

Auliya, M. F. R. (2024). Kebijakan Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin pada Peserta Didik Tahun 2023 di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 189–200. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.4087

Terbitan

Bagian

Artikel