Strategi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Literasi Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penulis

  • Khairunisyah Abrarrah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Munirul Abidin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Narendra Jumadil Haikal Ramadhan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Rikza Ammaziroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i1.4336

Kata Kunci:

Strategi, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Literasi Mahasiswa, Strategy, College Library, Student Literacy

Abstrak

Salah satu hal yang menjadi pilar penting dalam penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi adalah perpustakaan. Semakin baik kualitas sebuah perpustakaan, tentu akan semakin tinggi juga dampak positif dalam menunjang pendidikan di perguruan tinggi. Perpustakaan pusat UIN Malang telah terakreditasi A. Perpustakaan ini juga telah mengembangkan beberapa layanan elektronik dalam upaya meningkatkan efektivitas penyediaan literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis perencanaan, penerapan, dan dampak dari strategi perpustakan dalam meningkatkan efektivitas penyediaan literatur melalui layanan elektronik di perpustakaan pusat UIN Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: perencanaan strategi peningkatan literasi mahasiswa di perpustakaan pusat UIN Malang dilakukan melalui empat hal, yakni membentuk tim khusus, menganalisis segala hal yang berhubungan melalui analisis SWOT, menyusun perencanaan, berdasarkan pertanyaan 5W 1H, menyelaraskan perencanaan dengan kemampuan, meminta saran kemudian menetapkan perencanaan; terkait penerapan strateginya juga melalui empat kegiatan, yakni pengorganisasian dan pemotivasian, pengenalan layanan elektronik perpustakaan, memperbaiki seluruh masalah dalam pengaduan, dan melakukan evaluasi layanan elektronik; terdapat dua dampak dari layanan elektronik ini, yakni dapat membantu seluruh mahasiswa dalam perkembangan riset dan studi mereka, dan juga layanan ini terbukti berhasil secara efektif dan efisien dalam meningkatkan literasi mahasiswa.

One of the things that is an important pillar in the implementation of education in universities is the library. The better quality of a library, the higher positive impact in supporting higher education. The central library of UIN Malang has been accredited A. This library has also developed several electronic services in an effort to increase the effectiveness of providing literature. The purpose of this study is to describe and analyze the planning, implementation and impact of library strategies in increasing the effectiveness of providing literature through electronic services at the central library of UIN Malang. This research uses a qualitative approach, with the type of case study. Data collection techniques using observation, in-depth interviews, and documentation. The data analysis technique is through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study concluded that: planning strategies for increasing student literacy in the central library of UIN Malang was carried out through four things; namely forming a special team, analyzing all related matters through a SWOT analysis, drawing up a plan, based on 5W 1H questions, aligning planning with capabilities, asking for advice and then establishing a plan; regarding strategy implementation, there are also four activities, namely organizing and motivating, introducing electronic library services, repairing all problems in complaints, and evaluating electronic services; there are two impacts of this electronic service, namely it can help all students in the development of their research and studies, and also this service has proven to be effective and efficient in improving student literacy.

Referensi

Amirullah, R. U. “Manajemen Strategi Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Literasi Mahasiswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 1–12.

Arifin, Zainur, dan Sani Rahmawati. “Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana sebagai Penunjang Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Berbasis Pesentren.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022): 218-231.

Awaluddin, Awaluddin, dan Dwi Wahyudiati. “Relevansi Manajemen Kurikulum dan Sarana Prasarana terhadap Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Abad 21 di Madrasah Aliyah.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022): 171-182.

Haq, Muhammad, and Binti Maunah. “Penempatan sumber daya manusia sesuai bidang keahlian dan tanggung jawab di sekolah dasar Islam.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2023): 17-28.

Hartono, S. S. Manajemen Perpustakaan Profesional: Dasar-dasar Teori Perpustakaan dan Aplikasinya. Tanpa tempat: Sagung Seto, 2019.

Hasibuan, M. S. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2014.

Kadir, A., dan T. C. Triwahyuni. Pengantar Teknologi Informasi. Malang: Andi Offset, 2013.

Karisma, Linda Ayu, and Isna Faridatun Nadziroh. “Manajemen Mutu Perubahan dalam Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2023): 29-42.

Maksum, Maksum, D. L. Buldansyah, dan B. Prawati. “Aksesibilitas Informasi, Intensitas Komunikasi, dan Efektivitas Layanan Informasi Digital.” Jurnal Perpustakaan Pertanian 17, no. 2 (2008).

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Pranoto, J., dan A. I. Indraeijaya. Strategi Pembaharuan Administrasi dan Manajemen Publik. Bandung: Alfabeta, 2011.

Ratminto, A., dan S. Winarsih. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Sugiyono, Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.

Usman, H., dan P. S. A. Akbar. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2009.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-11

Cara Mengutip

Abrarrah, K., Abidin, M., Ramadhan, N. J. H., & Ammaziroh, R. (2025). Strategi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Literasi Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(1), 63–73. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i1.4336

Terbitan

Bagian

Artikel