Pendidikan Perempuan dalam Hadis Tematik dan Filsafat Pendidikan Islam Seyyed Hossein Nasr

Penulis

  • Iqbal Nursyahbani Marhalah Tsaniyah Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Jombang
  • Sholihin Sholihin Marhalah Tsaniyah Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jombang
  • Denta Fatwa Fatahillah Marhalah Tsaniyah Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jombang
  • Amrulloh Amrulloh Pascasarjana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i1.4959

Kata Kunci:

Pendidikan Perempuan, Hadis Nabi,, Pendekatan Filsafat

Abstrak

Islam adalah agama yang dikenal memuliakan perempuan. Namun, ditemukan riwayat hadis yang secara tekstual tampak masih ada diskriminasi atau bias gender dalam pendidikan. Ini sepintas lalu tampak berseberangan dengan visi pendidikan Islam yang hendak menyamaratakan pendidikan tanpa memandang gender. Ditambah, secara filosofis, pendidikan adalah hak bagi setiap individu tanpa memandang gender. Tujuan kajian ini adalah mengoleksi hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan perempuan, kemudian memahami dan menganalisis hadis-hadis tersebut dengan pendekatan tematik dan filosofis. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dan analisis deskriptif dalam mengkaji hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan perempuan. Pisau analisis yang diterapkan adalah pendekatan analisis filsafat pendidikan Islam yang diusung oleh Seyyed Hossein Nasr. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan perempuan adalah sebuah peradaban baru yang dibangun oleh Nabi Muhammad yang bisa diketahui lewat hadis-hadis terkait pendidikan perempuan. Tidak ada diskriminasi gender tertentu dalam pendidikan sebagai peradaban baru yang sedang dibangun.

Diterbitkan

2024-12-20

Cara Mengutip

Nursyahbani, I., Sholihin, S., Fatahillah, D. F., & Amrulloh, A. (2024). Pendidikan Perempuan dalam Hadis Tematik dan Filsafat Pendidikan Islam Seyyed Hossein Nasr. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(1), 17–36. https://doi.org/10.26594/dirasat.v10i1.4959

Terbitan

Bagian

Artikel