Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Bussines Day di Sekolah Dasar Plus Darul 'Ulum Jombang
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i1.504Abstrak
Fokus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bagaimanakah perencanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day di SD Plus Darul Ulum;(2) bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day di SD Plus Darul Ulum;(3) bagaimanakah evaluasi pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day di SD Plus Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa: (1) pada tahap perencanaan berpedoman pada komponen visi misi, tujuan dan rencana kerja sekolah; (2) pada tataran pelaksanaannya, pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day diintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran, dan pembiasaan terprogram; (3) evaluasi dilaksanakan secara menyeluruh yaitu mencakup aspek kognitif, psikomotor dan afektif dengan langkah-langkah mengembangkan indikator dari nilai-nilai yang ditetapkan, menyusun berbagai instrumen penilaian, melakukan pencatatan terhadap pencapaian indikator, melakukan analisis hasil setiap akhir kegiatan dan melakukan tindak lanjut.
The focus of this study is to describe: (1) the character building plan through the Business Day activity at SD Plus Darul Ulum; (2) the implementation of character building through the Business Day activity in SD Plus Darul Ulum; (3) and the evaluation of character education through the Business Day activity at SD Plus Darul Ulum. This study applied a qualitative approach within a case study design. Data collection was done by using in-depth interviews, observation, participating in the activity, and documentation. The techniques of data analysis include data reduction, data presentation, and conclusion. The results of research show that: (1) at the planning stage, it was based on the vision, missions, goals and work plan of the school; (2) at the implementation stage, character building through the Business Day was integrated with learning activities and planned habituation; (3) the evaluation was carried out thoroughly which includes cognitive, psychomotor and affective aspects along with the efforts to develop the indicators of the determined values, to prepare a variety of assessment instruments, to keep records on the achievement of indicators, to analyze the results upon the completion of wach activity, and to follow up.
Fokus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bagaimanakah perencanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day di SD Plus Darul Ulum;(2) bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day di SD Plus Darul Ulum;(3) bagaimanakah evaluasi pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day di SD Plus Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa: (1) pada tahap perencanaan berpedoman pada komponen visi misi, tujuan dan rencana kerja sekolah; (2) pada tataran pelaksanaannya, pendidikan karakter melalui kegiatan Business Day diintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran, dan pembiasaan terprogram; (3) evaluasi dilaksanakan secara menyeluruh yaitu mencakup aspek kognitif, psikomotor dan afektif dengan langkah-langkah mengembangkan indikator dari nilai-nilai yang ditetapkan, menyusun berbagai instrumen penilaian, melakukan pencatatan terhadap pencapaian indikator, melakukan analisis hasil setiap akhir kegiatan dan melakukan tindak lanjut.Referensi
Akbar, Sa’dun, Pengembangan Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan di Sekolah Dasar; Laporan Penelitian Hibah Strategis Nasional Tahun-1, dengan Fokus: Identifikasi Masalah-Masalah Pembelajaran Nilai dan Karakter di SD Jawa Timur, 2009.
Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta, Departemen Agama, 1991.
Arwani, Muhamad, Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam mendisiplinkan siswa, studi di MIN Kudus. Semarang, IKIP PGRI, 2013.
Baladina, Nur. “Membangun Konsep Enterpreneurship Islam”, Jurnal. Malang, Universitas Brawijaya, 2012.
Barnadib, Imam, Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta, Ghalia Indonesia, 1996.
Cholil Umam. Modul 2 Kewirausahaan dalam pandangan Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.
Darmiyati, Zuhdi, dkk. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas. Yogyakarta: UNY PRESS, 2010.
Darwai, Indah. Faktor-faktor pendukung minat berwirausaha siswa SMK Pancasila 5 Wonogiri. Surakarta, UMS 2012.
Daryanto dkk. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta, GAVA MEDIA, 2013.
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Fatah, Anwar. Pengembangan manajemen pendidikan karakter dengan pendekatan whole school develpoment appraoch di SDI Sabilillah Malang. Malang, UIN, 2010.
Hidayatullah. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban bangsa. Surakarta, Yuma Pressindo, 2010.
Instruksi Presiden No. 4 Tahun 1995 tanggal 30 Juni 1995 tentang Gerakan Nasional.
Kalsum, Umi. Implementasi Pendidikan Karakter Paikem. Jakarta: Gema Pratama Pustaka, 2011.
Kemendiknas, Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter Bangsa; Jakarta, Puskur Litbang Kemendiknas, 2009.
Kementrian Pendidikan Nasional. Desain Induk Pengembamngan Karakter. Jakarta: Dikti, 2010.
Kertajaya, Hermawan. Grow With Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Koesoema. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman global. Jakarta: Kompas Gramedia, 2011.
Lickona, Thomas. Character Matters, (Persoalan Karakter), Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebijakan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Lickona, Thomas. Educating for Character. New York: Bantam Books, 1992.
Maningsih, Tri. Pengelolaan pembelajaran mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Surakarta. Surakarta: UNMU, 2012.
Moleong, J. Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Mu’in, Fatchul. Pedidikan Karakter Kontruksi Teoritik dan Praktek. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2011.
Mulyana. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya, 2002.
Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta, PT Bumi Aksara, 2011.
Pasca Sarjana UNIPDU. Pedoman Penulisan Proposal dan Tesis. Jombang, 2013.
Permen diknas, No. 24 Tahun 200. Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas, 2008.
Poerwadaminto, W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan; Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang Kemendiknas, 2010.
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Penerbit Erlangga, 2007.
Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Grasindo, 2010.
Raharjo, Mudjia. Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif, dari http://mudjiaraharjo.com/ Met. Penelitian Pendidikan/penting/270-triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html. Jumat, 15 Oktober 2010.
Raka dkk. Pendidikan Karakter Di Sekolah: Dari gagasan Ke Tindakan. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo. Kompas Gramedia, 2011.
Samani & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta, 2007.
Syafii, Anthoni Muhammad, dkk. Ensklopedia The Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkiya Publishing, 2011.
Usman. Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan Kedua, 2010.
Winarno. Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan Stndarisasi dan Pembelajarannya. Bandung: Perpustakaan Digital UPI, 2006.
Wuryandani. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan lokal dalam Pembelajaran Untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar. Bandung: Perpustakaan Digital UPI, 2010.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.