HUBUNGAN ANTARA HASIL PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN KOMPETENSI GURU PAI TINGKAT SLTP/MTS DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i1.680Kata Kunci:
Hubungan, Hasil Penilaian Kinerja Guru, Kompetensi Guru PAI | Connection, Teacher Performance Assessment, The Competence of PAI Teacher.Abstrak
Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian lapangan tentang hubungan antara hasil penilaian kinerja guru dengan kompetensi guru PAI tingkat SLTP/MTs di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan atau tidak antara kedua variabel tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan uji analisis statistik korelasi product moment. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu hasil penilaian kinerja guru (variabel X) dan kompetensi guru PAI (variabel Y). Adapun data penelitian diperoleh dari dokumentasi data , interview dan penyebaran angket dengan bentuk tertutup. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel X tergolong baik, dengan hasil perhitungan sebesar 79 %. Sedangkan untuk variabel Y juga tergolong baik, dengan perolehan prosentase sebesar 85%. Dari hasil analisis statistik korelasi product moment didapatkan hasil rxy=0,98 untuk taraf kesalahan ditetapkan 5% dan N=24, maka r tabel=0,40. Dari hasil tersebut didapatkan data bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hasil penilaian kinerja guru dengan kompetensi guru PAI tingkat SLTP/MTs di pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.
Abstract: It’s field research that discusses the connection between teacher performance appraisal results and the competence of PAI (Islamic lessons) teachers in MTs (junior high school) located in Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. The purpose of this study was to determine the existence of a connection between two variables. This quantitative research uses statistical analysis on product moment correlation test. This research consisted of two variables, namely the assessment of teacher performance (variable X) and the competence of PAI teachers (variable Y). The data obtained from documentation, interviews and questionnaires with a closed form. The results of this research is that the variable X is quite good: 79%. The Y is also quite good, with the acquisition of the percentage of 85%. The results of statistical analysis of the results obtained product moment correlation r xy = 0.98 for the error rate set at 5%, and N = 24, then the tables r = 0.40. The results obtained from the data that r count larger than r table, so Ho is rejected and Ha accepted. It can be concluded that there is a significant connection between teacher performance assessment results and the competence of PAI teachers of MTs at Pesantren Darul Ulum Jombang.Referensi
Agung, Iskandar dan Yufridawati. Pengembangan Pola Kinerja Harmonis dan Sinergis Antara Guru, kepala Sekolah, dan Pengawas. Jakarta: PT. Bestari Buana Murni, 2013.
Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Kemendikbud. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru: Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Kemendikbud, 2012.
Khanifatul. Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.
Maisah, Martinis Yamin. Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Jakarta: Referensi, 2012.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standart Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.
Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet, 2011.
_____. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.
Susetyo, Budi. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Rafika Aditama, 2010.
Thalib, Syamsul Bachri. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Tilaar, H.A.R. Kekuasaan dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.