Pengasuhan Anak Yatim dalam Prespektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.875Kata Kunci:
pendidikan Islam, anak yatim, pola asuh | Islamic education, orphans, parenting.Abstrak
Artikel ini membahas pengasuhan anak yatim dalam perspektif pendidikan Islam. Ada dua pertanyaan penting: (1) apa maksud pengasuhan anak yatim itu? (2) bagaimana pola asuh anak yatim dalam pendidikan Islam? Kajian ini menyimpulkan bahwa: (1) pengasuhan anak yatim yaitu proses perbuatan mengasuh, menjaga, dan membimbing yang dilakukan oleh orang dewasa, sebagai upaya membentuk kepribadian yang sempurna (k?mil); (2) Pola asuh anak yatim memiliki dua bentuk, yaitu: pertama, bentuk keluarga, di mana keluarga tertentu mengangkat anak yatim untuk dijadikan anak asuh; kedua, bentuk panti asuhan atau asrama yang biasanya dikelola oleh yayasan tertentu.
This article discusses the care of orphans in the perspective of Islamic education. There are two important questions: (1) what is an orphan care? (2) how is the pattern of orphan care in Islamic education? This study concludes that: (1) upbringing of orphans is the process of parenting, guarding and guiding by adults, in an attempt to form a perfect personality (k?mil); (2) The pattern of foster care of orphans has two forms, namely: first, the form of the family, in which the particular family appoints the orphan to be a foster child; second, the form of an orphanage or dormitory that is usually managed by a particular foundation.
Referensi
Abrashī (al), ‘Aṭiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1993.
Abrashi (al), M. Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Amrulloh, Amrulloh. “Guru Sebagai Orang Tua dalam Hadis ‘Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (Desember 2016).
Anīs, Ibrāhīm. Al-Mu‘jam aI-Wasīṭ. Beirut: LP, t.th.
Attas (al), Syed Muhammad al-Naquib. Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Kerangka Pikir Pembinaan filsafat Islam. Bandung: Mizan, 1996.
Bustaman, Hanna Djumhana. Imegrasi Psikologi dalam Islam: Menuju Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.
Daradjat, Zakiyah. Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang, 1987.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1996.
Echols , John M. dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia, 1989.
Gosita, Arif. Masalah Perlindungan Anak. Jakarta: Akadanih, 1989.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 1995.
Haditono, Siti Rahayu. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Ḥilmī, Maḥmūd. Niẓām al-Ḥukm al-Islāmī Muqārinan bi al-Niẓām aI-Mu‘āṣir. Beirut: Dār al-Fikr al-‘ArabI, 1973.
Huriock, Elizabert B. Child Development. Tokyo: McGraw Hill Book, 1978.
Hurwitz, Stephan. Kriminologi. Jakarta: Bina Aksara, 1986.
Ibn Manẓūr, Muḥammad b. Mukarram. Lisān al-‘Arab. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993.
Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Jamālī (al), Muḥammad Fāḍil. Filsafat Pendidikan dalam Alquran. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995.
Jawziyah (al), Ibn Qayyim. Tuḥfat al-Mawrūd bi Aḥkām al-Mawlūd. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1994.
Kartono, Kartini. Patologi Sosial. Jakarta: Rajawali, 1986.
Khabbazī (al), Jalāl al-Dīn. Al-Mughnī fi Uṣūl al-Fiqh. Mekah: al-Maktabah al-‘Arbiyyah, t.th.
Madjid, Nurcholis. Mayarakat Religius. Jakarta: Paramadina, 1997.
Mahasin, Aswab. “Seminar lslam dan Remaja,” dalam Ruh Islam daIam Budaya Bangsa: Wacana Antar Agama dan Bangsa. Jakarta: Yayasan Festival lstiqlal, 1996.
Morris, William. The Heritage Illustrated Dictionary. Canada: Random House, 1961.
Munawwir, Warson. Kamus Arab-Indonesia al-Munawwir. Yogyakarta: Yayasan al-Munawwir Krapyak. t.th.
Naḥtawī (al), ‘Abd al-Raḥmān. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Bandung: CV Diponegoro, 1996.
Rahmat, Jalaluddin. Islam Alternatif. Bandung: Mizan, 1998.
Rāzī (al), Muḥammad b. Abī Bakr. Al-Mukhtār al-Ṣiḥāḥ. Beirut: Dār al-Fikr, 1931.
Riḍā, Rashīd. Tafsīr al-Manār. Mesir: Al-Manār, t.th.
Sābiq, Al-Sayyid. Fiqh al-Sunnah. Beirut: Dār al-Fikr, 1980.
Sālim, ‘Abd al-Rashīd b. ‘Abd al-‘Azīz. Al-Tarbiyah al-Islāmiyah wa Ṭuruq Tadrīsihā. T.tp: Dār al-Buḥūth al-‘Ilmiyyah, 1975.
Simān (al), Maḥmūd ‘Alī. Al-Tawjīh fi Tadrīs al-Lughah al-‘Arabiyyah. Dār al-Ma‘ārif, 1983.
Soejono. Pendahuluan Ilmu Pendidikan Umum. Jakarta: CV ilmu 1982.
Sudarsono. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Suyūṭī (al), Jalāl al-Dīn. Al-Jāmi‘ al-Ṣaghīr. T.tp: Dār Iḥyā’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, t.th.
Tadjab. Dasar-Dasar Pendidikan Islam: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. T.tp: tp, 1996.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja, Rosdakarya,1994.
Tanggayung, Agus F. Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: LP, l986.
Tilaar, H.A.R. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Indonesia. Magelang: Teras Indonesia, t.th.
‘Ulwān, ‘Abd Allāh Nāṣiḥ. Tarbiyat al-Awlād fi al-Islām. T.tp: Dār al-Salām,1992.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka llmu, 1992.
Wehr, Hans. A Dictionary of Modem Written Arabic. London: MacDonald dan Evans, t.th.
Zaini, Muderis. Adopsi: Suatu Tinjauan dari Tiga Sistem Hukum. Jakarta: Sinar Grafika, 1995.
Zamakhsharī (al), Al-khashshāf. T.tp: Dār al-Kutub al-‘Arabī, t.th.
Zuḥaylī (al), Wahbah. Al-Tafsīr al-Munīr. Beirut: Dār aI-Fikr al-Mu‘āṣir, t.th.