MEDAN MAKNA DALAM PEMBELAJARAN HURUF DI PRODI S1 SASTRA CINA DAN PRODI S1 PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FIB UB
Penulis
Diah Ayu Wulan
Sri Aju Indrowaty
Abstrak
Diah Ayu Wulan
1
Sri Aju Indrowaty
2
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
(ayumirza9220@gmail.com)
Membaca, menulis, menyimak, dan berbicara merupakan empat keterampilan bahasa yang
harus dikuasai oleh pembelajar bahasa, demikian juga dengan mahasiswa yang mempelajari
bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Penguasaan hanzi (huruf Mandarin) dan kanji (huruf
Jepang) merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang kelancaran mahasiswa dalam
mempelajari bahasa Mandarin dan bahasa Jepang. Setiap hanzi dan kanji berfungsi
menunjukkan lambang makna. Mempelajari huruf bukan hal yang mudah terutama bagi
mahasiswa yang belum pernah mempelajari kedua bahasa tersebut. Karena itu diperlukan suatu
cara untuk mempelajari huruf dengan mengunakan medan makna. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa semester 3 Prodi S1 Sastra
Cina dan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jepang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui bentuk pembelajaran huruf berdasarkan medan makna dan untuk mengetahui
keefektifan pembelajaran huruf berdasarkan medan makna di kedua prodi tersebut.
Kata Kunci: penulisan huruf, medan makna, keefektifan, Hanzi, Kanji