PENGEMBANGAN BUKU SAKU DENGAN METODE MNEMONIK DALAM PEMBELAJARAN HURUF KANJI TINGKAT DASAR DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT CIC (CAMBRIDGE INTERNATIONAL CENTRE) JOMBANG
Penulis
Nurul Laili
Nailul Fauziyah
Abstrak
Nurul Laili
Nailul Fauziyah
Jurusan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Sastra, Unipdu Jombang
(dekiru22@gmail.com)
Abstrak
Penelitian ini dilakukan terhadap kelas ekstrakurikuler bahasa Jepang di SMA Darul Ulum 2
Unggulan BPPT CIC (Cambridge International Centre) Jombang yang berjumlah 20 orang.
Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui kemampuan daya ingat siswa dalam
menulis kanji dengan menggunakan buku saku metode mnemonik sehingga hasil belajar yang
dilakukan pada setiap kegiatan belajar dapat meningkat dan efektif terutama dalam penguasaan
kanji. Metode penelitian R&D (Research & Development) digunakan karena penelitian ini
merupakan mengembangkan media pembelajaran dalam hal ini pengembangan buku saku
dengan metode mnemonik dan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan buku saku.
Pengembangan buku saku tersebut berasal dari buku ajar yang berupa lembaran-lembaran
kertas yang memuat seluruh materi dalam pengajaran bahasa Jepang dengan mengembangkan
fokus pada penguasaan kanji, baik menulis, membaca, dan memahami kanji dalam kalimat-
kalimat berdasarkan pola yang telah ada di dalam buku ajar. Berdasarkan data yang berasal
dari tim validator, respon siswa, dan unjuk kerja siswa, dihasilkan bahwa penguasaan siswa
akan kemampuan mengingat kanji dasar dengan menggunakan buku saku semakin meningkat.
Keseluruhan penelitian ini akan memberikan luaran dalam bidang pendidikan bahasa Jepang
antara lain sebagai bahan ajar berupa buku saku untuk pengayaan materi pembelajaran kanji
tingkat dasar dan sebagai bentuk penulisan jurnal ilmiah yang memiliki ISSN.
Kata Kunci: mengingat, buku kecil, kanji dasar