PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • galuh tisna widiana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • marita dwi lestari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran di kelas V SDN Carang Rejo II Kesamben Jombang, guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu pembelajaran yang menggunakan metode berpusat pada guru. Penelitian dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah ?70. Tujuan penelian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN Carang Rejo II Kesamben Jombang.Subjek penelitin siswa kelas V sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),  dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis dan data penelitian diperoleh peningkatan persentase hasil belajar. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 64,2 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 28,5%, siklus I nilai rata-rata kelas 70 dengan persentase hasil belajar sebanyak 42,8%  dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 95,6 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebanyak 95,2%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN Carang Rejo II Kesamben Jombang

Published

2020-04-04

Issue

Section

Artikel