IMPLEMENTASI MODEL SELF REGULATED LEARNING (SRL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Self Regulated Learning, Keterampilan literasi sains, Calon guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan perangkat Model Self-Regulated Learning (SRL) yang praktis untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Uji coba materi dilaksanakan untuk peserta didik Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Unipdu Jombang pada tahun akademik 2019/2020 semester 5 menggunakan One Group Pre-test Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik kuantitatif. Temuan penelitian adalah: Efektivitas materi pembelajaran dalam hal peningkatan penguasaan keterampilan literasi sains peserta didik. Disimpulkan bahwa implementasi Model Self-Regulated Learning (SRL) tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah IbtidaiyahDownloads
Published
2020-09-19
Issue
Section
Artikel
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.