IMPLEMENTASI MODEL SELF REGULATED LEARNING (SRL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Miftakhul Ilmi S Putra Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Ayu Fitri S Putri Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Self Regulated Learning, Keterampilan literasi sains, Calon guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan perangkat Model Self-Regulated Learning (SRL) yang  praktis untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Uji coba materi dilaksanakan untuk peserta didik   Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Unipdu Jombang pada tahun akademik 2019/2020 semester 5 menggunakan One Group Pre-test Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik kuantitatif. Temuan penelitian adalah: Efektivitas materi pembelajaran dalam hal peningkatan penguasaan keterampilan literasi sains peserta didik. Disimpulkan bahwa implementasi Model Self-Regulated Learning (SRL)  tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah

Diterbitkan

2020-09-19

Terbitan

Bagian

Artikel