PEMANFAATAN MEDIA RUGA (RUMAH GADANG TEMATIK) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MA’RUF BEYAN PANDANWANGI DIWEK JOMBANG

Authors

  • Imam mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Miftakhul Ilmi Suwignya Putra Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • ulun nuha Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstract

Abstrak: Penelitian yang  mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya mengenal, menjaga, dan sekaligus mencintai lingkungan sekitar dengan menggunakan media Ruga peneliti megajak siswa untuk mencintai lingkungan dengan mendaur ulang barang yang lama tidak terpakai menjadi suatu barang yang bermanfaat juga dapat dipakai kembali. Saat peneliti melakukan observasi di kelas III MI Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi sebelum melakukan penelitian terdapat banyak siswa yang tidak bersemangat saat kegiatan belajar belangsung. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media Ruga kepada siswa agar siswa dapat memehami pembelajaran dan juga bermain dalam pembelajaran. Peneliti mengembangkan media Ruga yang bertujuan untuk menguji tingkat validitas media tersebut, mengimplementasikan media Ruga pada kegiatan pembelajaran dan menganalisis efektifitas media Ruga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data mencakup kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada tahap uji coba I didapatkan hasil rata-rata pretest dan posttest masing-masing sebesar 62,5 dan 73,07, sedangkan pada uji coba II siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar dengan rata-rata pretest sebesar 75,38 dan posttest sebesar 89,26. Berdsarkan uji coba satu dan dua dapat disimpulkan bahwa media Ruga valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi lingkungan, pembelajaran pencemaran lingkungan, dalam  Tematik 6 IPA kelas III.

Published

2023-08-21

Issue

Section

Artikel