PEMANFAATAN MEDIA RUGA (RUMAH GADANG TEMATIK) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MA’RUF BEYAN PANDANWANGI DIWEK JOMBANG
Abstrak
Abstrak: Penelitian yang mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya mengenal, menjaga, dan sekaligus mencintai lingkungan sekitar dengan menggunakan media Ruga peneliti megajak siswa untuk mencintai lingkungan dengan mendaur ulang barang yang lama tidak terpakai menjadi suatu barang yang bermanfaat juga dapat dipakai kembali. Saat peneliti melakukan observasi di kelas III MI Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi sebelum melakukan penelitian terdapat banyak siswa yang tidak bersemangat saat kegiatan belajar belangsung. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media Ruga kepada siswa agar siswa dapat memehami pembelajaran dan juga bermain dalam pembelajaran. Peneliti mengembangkan media Ruga yang bertujuan untuk menguji tingkat validitas media tersebut, mengimplementasikan media Ruga pada kegiatan pembelajaran dan menganalisis efektifitas media Ruga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data mencakup kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada tahap uji coba I didapatkan hasil rata-rata pretest dan posttest masing-masing sebesar 62,5 dan 73,07, sedangkan pada uji coba II siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar dengan rata-rata pretest sebesar 75,38 dan posttest sebesar 89,26. Berdsarkan uji coba satu dan dua dapat disimpulkan bahwa media Ruga valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi lingkungan, pembelajaran pencemaran lingkungan, dalam Tematik 6 IPA kelas III.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.