PENGARUH IMPLEMENTASI PROBLEM SOLVING LEARNING DAN PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST (PQRST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD/MI

Penulis

  • Indra Kusuma Wardani Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Auliatul Musyayada Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Kata Kunci:

Metode Problem Solving, Metode Preview Question Read Summarize Test (PQRST)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh implementasi pembelajaran berdasarkan proses-proses penyelesaian masalah (Problem Solving Learning) terhadap kemampuan siswa kelas IV SD/MI dalam memahami soal cerita pada mata pelajaran matematika. Implementasi Problem Solving Learning dalam kegiatan pembelajaran matematika dipadukan dengan metode Preview Question Read Summarize Test (PQRST) pada materi operasi hitung campuran. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada tahap prasiklus nilai rata-ratanya sebesar 57,2 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 28%, hasil pada tahap siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 66,8, sedangkatan nilai ketuntasan klasikal mengalami kenaikan mencapai 40%. Hasil pada siklus II rta-ratanya 79,8 dan nilai ketuntasan siswa naik menjadi 92%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matemtika dengan menggunakan metode problem solving dan PQRST dapat meningkatkan kemampuan memahami soal cerita pada siswa kelas IV di MI Bahrul Ulum Pandankrajan Kemlagi Mojokerto

Diterbitkan

2021-03-20

Terbitan

Bagian

Artikel