IMPLEMENTASI MEDIA CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran Corong Berhitung sebagai upaya peningkatan hasil belajar perkalian siswa pada mata pelajaran matematika di MI Tanwirul Afkar Medali Puri Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2A MI Tanwirul Afkar sebanyak 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada pra siklus, 4 siswa tuntas dengan rata-rata 56,31 dan presentase ketuntasan 21,1%. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 72,10 dengan persestase ketuntasan 52,6% dan siklus 2 meningkat dengan persentase 94,7% dengan rata-rata 88,94, data ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar perkalian siswa di MI Tanwirul Afkar Medali Puri Mojokerto.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.