IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DAN MEDIA TONGKAT GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA ARAB

Penulis

  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Eka Nurjanah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Nur Ilmas Hariadi Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Metode bernyanyi dan media papan tongkat gambar merupakan metode dan media yang digunakan peneliti dalam menimgkatkan kemampuan hafalan siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa merasa kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa Arab dan siswa sering melalakukan kegiatan di luar pembelajaran dengan mengobrol bersama teman sebangkunya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kurt Lewin. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil kemampuan menghafal kosakata siswa dengan subjek 18 siswa kelas 3 di MI Thoriqul Huda Catakgayam Mojowarno. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis, tes praktik, observasi, wawancara. Hasil kemampuan menghafal pada pra siklus mendapatkan rata-rata 1,17, siklus 1 mendapatkan 2,17, dan siklus 2 mendapatkan rata-rata 2,89. Sehingga melalui metode bernyanyi dan media tongkat gambar pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata yang meningkat secara signifikan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Artikel