PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TANWIRUL AFKAR PURI MOJOKERTO

Penulis

  • GT Widiana Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • IK Wardani Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • IFZ Nadiyya Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kajian awal yang memberikan kemampuan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV yang masih rendah berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan desain penelitian PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk teknik analisis data menggunakan flow model dengan tiga tahap yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Sebelum melakukan tindakan, peneliti melakukan pra siklus dan hasil pra siklus diperlukan tindakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Kemudian peneliti melakukan tindakan pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan 46%, hal ini masih rendah. Peneliti melakukan siklus 2 dengan persentase ketuntasan 100% dan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media Pop Up Book dapat meningkatkan pemahaman konsep dibuktikan dengan nilai rata-rata pada tahap pra siklus 47,27, siklus 1 nilai rata-rata 59,54, dan siklus 2 nilai rata-rata 80.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel