MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERITA FIKSI MELALUI METODE EKSPLORASI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita fiksi dengan menggunakan metode eksplorasi. Setelah dilakukan simulasi perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode eksplorasi, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan berdasarkan tes hasil pembelajaran yang dilakukan secara daring. Data yang diperoleh dari 30 peserta didik menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksplorasi dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari siklus 1 berhasil mencapai 60% dan siklus 2 mencapai 95%, maka deskripsi dari data yang di kumpulkan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksplorasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita fiksi di kelas IV. Dengan demikian, metode eksplorasi merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita fiksi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.