PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Penulis

  • Lilik Maftuhatin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Galuh Tisna Widiana Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Puspa Mia Widiyaningsih Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi ekperimental dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis menggunakan rumus uji-t dengan sampel penelitian 56 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan perubahan hasil belajar kelompok kontrol dari 46,82 menjadi 84,36 dengan rentang 37,54 dan kelompok eksperimen dari 46,62 menjadi 78,35 dengan rentang 31,74. Hasil analisis data paired sample t-test diperoleh nilai sig. (p. Valiue) sebesar 0,000 pada kelompok kontrol  dan 0.014 pada kelompok eksperimen menunjukan keduanya berkorelasi dengan pengelolaan kelas pengaturan siswa dan fisik. Karena nilai sig. (p. Value) < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Atau dengan kata lain 0,000 dan 0,014 > 0,05, maka keputusan yang diambil terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhdadap hasil belajar Sejarah kebudayaan Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-02

Terbitan

Bagian

Artikel