PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PILAH KALI BAGI (KOLAH KALIGI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstrak
Media Kolah Kaligi berfungsi untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami materi tentang perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan melakukan pengembangan media dan uji validitas pada para ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Implementasi media dilakukan pada siswa kelas II MI dengan menganalisis keefektifan penggunaan media Kolah Kaligi dalam pembelajaran Matematika. Untuk uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator, validator pertama dengan persentase 97% kategori “sangat valid”, validator kedua dengan persentase 91% kategori “sangat valid”, sedangkan validator ketiga dengan persentase 86% kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil uji coba I dan uji coba II dapat disimpulkan bahwa media Kolah Kaligi valid dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II MI dalam materi perkalian dan pembagian dibuktikan dengan nilai NGain sebesar 0,72 kategori “tinggi”. Adapun penilaian dari respon peserta didik dengan persentase 88, 75% kategori “sangat positif”.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.