Hubungan Kedisiplinan Pengurus Pondok Pesantren dengan Kedisiplinan Belajar Santri

Penulis

  • Amrulloh Amrulloh
  • Muhammad Safi'ul Umam

Kata Kunci:

Kedisiplinan, pembelajaran, pesantren.

Abstrak

Kedisiplinan pengurus dengan kedisiplinan belajar santri pondok pesantren Darul Hikmah sangatlah berhubungan yang erat dan mempunyai keterkaitan dalam belajar santi atau siswa di Pondok Pesantren, tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungannya antara disiplin pengurus dengan disiplin belajar para santri atau siswa di pondok pesantren tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Uji analisis product moment. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel disiplin pengurus (x), dan disiplin belajar santri Pondok Pesantren (y). Dari data penelitian memperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,973 dengan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan data tersebut, maka dapat dilakukan pengujian hipotesis, Pada kasus ini terlihat bahwa koefisien korelasi adalah 0,973 dengan signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak, Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara Kedisiplinan Pengurus Pondok Pesantren Dengan Kedisiplinan Belajar Santri Pondok Pesantren Darul Hikmah.Berarti terdapat hubungan antara disiplin pengurus dengan disiplin belajar santri Pondok Pesantren Darul Hikmah.

Referensi

Abdul, Muhid. Analisis Statistika 5 Langkah Praktis Analisis Dengan SPSS For Windows. Sidoarjo: Zifatama, LEMIT IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2012.

Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016): 1-28.

Bahri, Syamsul dan Zamzam. Fahkri, Model Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Depublish, 2014.

Departemen Pendidikan Nasiona. Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Hayati, Eti Nur. Bimbingan Konseling dan Pesikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2011.

Kamaludin, Undang Ahmad dan Alfan Muhammad. Etika Manajemen Islam. Bandung: Pustaka Setia. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 pasal 3.

Mahfudzhoh, Lia. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Bustanul Ulum Sembujo Sumobito Jombang. Skribsi: Unipdu Jombang, 2016.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Makmun, Abin Syamsudin. Pesikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2002.

Misbahuddin dan Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Mulianto, Sindu dan Cahyadi, Eko Ruddy dan Wijayakusuma, Muhammad Kerebet. Panduan Lengkap Supervisi Diperkaya Perspektif Syariah. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006.

Nata, Abudin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.

Nurdina, Siahaan Cahaya. Kontribusi Kondisi Lingkungan Belajar, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skribsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.

Pusat Bimbingan Universitas Kristen Satya wacana. Bimbingan dan Dasar- Dasar Pelaksanaany. Jakarta: Rajawali, 1985.

Raco. T.th. Metode Penelitian Kuantitatif. T.k.: Grasindo

Saduran, Bebas Crow dan Crow. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1988.

Sani, Abdullah. Pengurus Disiplin Belajar. t.k.: Profesional, 2006.

Subranto, Johanes. Edisi Keenam Statistik Teori dan Aplikasi Jakarta: Erlangga, 2000.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitativ, dan R&D. Bandung: Alfa Beta, 2011.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.

Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito, 1990.

Tim Dosen Jurusan AP FIP Malang. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang, 1988.

Umami, Santi Rika, and Amrulloh Amrulloh. “Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 112-129.

Utami, Aziz Rini. Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Solo: Tiga Serangkai, 2006.

Diterbitkan

2018-06-08

Terbitan

Bagian

Artikel