Hubungan Kedisiplinan Pengurus Pondok Pesantren dengan Kedisiplinan Belajar Santri
Kata Kunci:
Kedisiplinan, pembelajaran, pesantren.Abstrak
Kedisiplinan pengurus dengan kedisiplinan belajar santri pondok pesantren Darul Hikmah sangatlah berhubungan yang erat dan mempunyai keterkaitan dalam belajar santi atau siswa di Pondok Pesantren, tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungannya antara disiplin pengurus dengan disiplin belajar para santri atau siswa di pondok pesantren tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Uji analisis product moment. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel disiplin pengurus (x), dan disiplin belajar santri Pondok Pesantren (y). Dari data penelitian memperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,973 dengan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan data tersebut, maka dapat dilakukan pengujian hipotesis, Pada kasus ini terlihat bahwa koefisien korelasi adalah 0,973 dengan signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak, Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara Kedisiplinan Pengurus Pondok Pesantren Dengan Kedisiplinan Belajar Santri Pondok Pesantren Darul Hikmah.Berarti terdapat hubungan antara disiplin pengurus dengan disiplin belajar santri Pondok Pesantren Darul Hikmah.Referensi
Abdul, Muhid. Analisis Statistika 5 Langkah Praktis Analisis Dengan SPSS For Windows. Sidoarjo: Zifatama, LEMIT IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2012.
Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016): 1-28.
Bahri, Syamsul dan Zamzam. Fahkri, Model Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Depublish, 2014.
Departemen Pendidikan Nasiona. Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.
Hayati, Eti Nur. Bimbingan Konseling dan Pesikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2011.
Kamaludin, Undang Ahmad dan Alfan Muhammad. Etika Manajemen Islam. Bandung: Pustaka Setia. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 pasal 3.
Mahfudzhoh, Lia. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Bustanul Ulum Sembujo Sumobito Jombang. Skribsi: Unipdu Jombang, 2016.
Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Makmun, Abin Syamsudin. Pesikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2002.
Misbahuddin dan Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Mulianto, Sindu dan Cahyadi, Eko Ruddy dan Wijayakusuma, Muhammad Kerebet. Panduan Lengkap Supervisi Diperkaya Perspektif Syariah. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006.
Nata, Abudin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.
Nurdina, Siahaan Cahaya. Kontribusi Kondisi Lingkungan Belajar, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skribsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.
Pusat Bimbingan Universitas Kristen Satya wacana. Bimbingan dan Dasar- Dasar Pelaksanaany. Jakarta: Rajawali, 1985.
Raco. T.th. Metode Penelitian Kuantitatif. T.k.: Grasindo
Saduran, Bebas Crow dan Crow. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1988.
Sani, Abdullah. Pengurus Disiplin Belajar. t.k.: Profesional, 2006.
Subranto, Johanes. Edisi Keenam Statistik Teori dan Aplikasi Jakarta: Erlangga, 2000.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitativ, dan R&D. Bandung: Alfa Beta, 2011.
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.
Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito, 1990.
Tim Dosen Jurusan AP FIP Malang. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang, 1988.
Umami, Santi Rika, and Amrulloh Amrulloh. “Internalisasi Nilai-Nilai Pedidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 112-129.
Utami, Aziz Rini. Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Solo: Tiga Serangkai, 2006.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.