Pengaruh Pemberian Tambahan Jam Pelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional
Keywords:
Penambahan Jam Pelajaran dalam Menghadapi Ujian NasionalAbstract
Pemberian tambahan jam pelajaran yakni proses pemberian bantuan kepada siswa agar dapat mengatasi masalah yang dihadapi dan untuk pendalaman materi, sehingga siswa dapat menjawab soal dengan baik. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 249 siswa MTs.N 11 Jombang data dikumpulkan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas perbutir dihitung dengan rumus pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach'salpha. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian tambahan jam pejaran terhadap motivasi belajar, yang ditunjukkan dari harga t hitung yang diolah dengan bantuan SPSS 16 sebesar 0,685, sedangkan t tabel dengan N=106 pada taraf 5% sebesar 1,659 sehingga t hitung > t tabel (0,685>1.659). Selanjutnya ditemukan skor penambahan jam pelajaran termasuk dalam kategori baik dengan jumlah persentase sebesar 79,00% dan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 63,89%.References
Abdulloh, Amin. Studi agama normativitas atau historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Adawiyah, Robiatul, “Integrasi Sains dan Agama dalam Kurikulum PAI”, Jurnal Al-Banjari. Vol. 15, No.01, (Januari 2015). http/www/albanjari.id, diakses pada 17 Pebruari 2018.
Anonim, “Sejarah Kelahiran Madrasah dan Kontribusinya pada Masa Dinasti Abbasyiyah”, Artikel Pendidikan, http/www/duniapendidikan.com, diakses pada 14 Pebruari 2018.
Akhiruddin, “Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara”, Jurnal Tarbiya, Vol.01, No.01, (Juli 2015). http/www/jurnaltarbiya.id, diakses pada 16 Pebruari 2018.
Alhamuddin, “Pendidikan Islam Modern ala Trimurti Pondok Modern Darussalam Gontor”,at-Ta’dib, Vol. 03, No. 02, (Sya’ban 1428 H), http/www/atTa’dib.com, diakses pada 15 Pebruari 2018.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta : Kencana Prenamedia Group, 2014.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (kuantitatif dan Kualitatif), Martinis Yamin (ed), cet.2, Jakarta: GP Press, 2010.
Juanda, Anda. “Integrasi Ilmu Sains dan Agama berbasis kurikulum grass roots di perguruan tinggi Islam”,Science Educatia, Vol. 03, No. 01, (Juni 2014), http/www/science_educatia.com, diakses pada 23 januari 2018.
Mahzar, Armahedi, Merumuskan Paradigma Sains Dan Teknologi Islami Revolusi Integralisme Islam. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2004.
Masruroh, Ninik dan Umiarso, Modernisasi pendidikan Islam ala Azyumardi Azra. Arruz Media: Yogyakarta, Ttp.
Maunah, Binti “Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia Kajian Deskripsi-Analitik Model Pendidikan Islam”, Empirisma, Vol. 24, No.02, (Juli 2015), http/www.empirisma.id. diakses pada 15 Pebruari 2018.
Muawanah. R.,. “Pengertian Agama Dan Religiusitas”. Thesis, Universitas Islam Negeri Malang, 2014. http/www./ ethesess.uin-malang.ac.id. Diakses Pada 15 Desember 2017.
Muhaimin. Wawasan penddikan Islam pengembangan, pemberdayaan, dan redefinisi pengetahuan islam. Bandung: Penerbit Marja, 2014.
Mujazin, wawancara, 17 April 2018.
Muqoyyidin, Andik Wahyun, “Pembaruan Pendidikan Menurut Muhammad Abduh”, Jurnal Media Pendidikan, Vol XXVIII, No 2, http/www/jurnal media-pendidikan.ac id, diakses pada tanggal 12 Desember 2017.
Putra, Miftakhul Ilmi Suwignya, M. Ansor Anwar, Mujianto Solichin, dan Amrulloh Amrulloh. “Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018): 91-102.
Permadi, Benny Angga, “Pengembangan Modul IPA Integrasi Islam Dan Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VI MIN Seduri Mojokerto”, 2015. Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Hal www.thesispdf.ac.id, diakses pada tanggal 15 Desember 2017.
Qadam, Izza Ulya. “Kualitas Pendidikan Berbasis Filsafat Ilmu”. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Semarang. Vol 9. No 2, 2015. www.jurnalUNS.ac.id, diakses pada 15 desember 2017.
Sauri, Sauri, “Integrasi IMTAQ dan IPTEK dalam Pembelajaran”, jurnal penelitian, Vol. 08, No.02, (September 2016), http/www/jurnal_penelitian.com, diakses pada 14 Pebruari 2018.
Siswanto, “Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren”, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 18, No. 01, (Juni 2014) http/www/studikeislaman.id, diakses pada 16 Pebruari 2018.
Sholihan, wawancara, 15 april 2018
Subana. M dan Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah , Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Sugiyono. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2014.
Suroto, 2013, “Rekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Paradigma Alternative Pendidikan Di Indonesia”, Jurnal Pendidikan STAIN Ngawi, Vol 6, No 1, hal 01, http/www//staingawi.ac.id, diakses tanggal 12 desember 2017, 2013.
Suyatno, “Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional”, Jurnal Pendidikan Islam, hal 122, http/www/eprints.uinsuka.ac.id, Jurnal Pendidikan Islam UINSUKA Vol 1, No 1, diakses pada 13 desember 2017.
Tim penyusun “Kamus besar Bahasa Indonesia online”, https: //www.kbbi online./.pdf, hal 230 diakses pada 14 juni 2018.
Zuhri, Suhaeri, wawancara, 16 April 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.