Pengaruh Pemberian Tambahan Jam Pelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional

Penulis

  • Bakri Bakri
  • Nurul Afif Mukhlisin

Kata Kunci:

Penambahan Jam Pelajaran dalam Menghadapi Ujian Nasional

Abstrak

Pemberian tambahan jam pelajaran yakni proses pemberian bantuan kepada siswa agar dapat mengatasi masalah yang dihadapi dan untuk pendalaman materi, sehingga siswa dapat menjawab soal dengan baik. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 249 siswa MTs.N 11 Jombang data dikumpulkan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas perbutir dihitung dengan rumus pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach'salpha. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian tambahan jam pejaran terhadap motivasi belajar, yang ditunjukkan dari harga t hitung yang diolah dengan bantuan SPSS 16 sebesar 0,685, sedangkan t tabel dengan N=106 pada taraf 5% sebesar 1,659 sehingga t hitung > t tabel (0,685>1.659). Selanjutnya ditemukan skor penambahan jam pelajaran termasuk dalam kategori baik dengan jumlah persentase sebesar 79,00% dan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 63,89%.

Referensi

Abdulloh, Amin. Studi agama normativitas atau historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Adawiyah, Robiatul, “Integrasi Sains dan Agama dalam Kurikulum PAI”, Jurnal Al-Banjari. Vol. 15, No.01, (Januari 2015). http/www/albanjari.id, diakses pada 17 Pebruari 2018.

Anonim, “Sejarah Kelahiran Madrasah dan Kontribusinya pada Masa Dinasti Abbasyiyah”, Artikel Pendidikan, http/www/duniapendidikan.com, diakses pada 14 Pebruari 2018.

Akhiruddin, “Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara”, Jurnal Tarbiya, Vol.01, No.01, (Juli 2015). http/www/jurnaltarbiya.id, diakses pada 16 Pebruari 2018.

Alhamuddin, “Pendidikan Islam Modern ala Trimurti Pondok Modern Darussalam Gontor”,at-Ta’dib, Vol. 03, No. 02, (Sya’ban 1428 H), http/www/atTa’dib.com, diakses pada 15 Pebruari 2018.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta : Kencana Prenamedia Group, 2014.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (kuantitatif dan Kualitatif), Martinis Yamin (ed), cet.2, Jakarta: GP Press, 2010.

Juanda, Anda. “Integrasi Ilmu Sains dan Agama berbasis kurikulum grass roots di perguruan tinggi Islam”,Science Educatia, Vol. 03, No. 01, (Juni 2014), http/www/science_educatia.com, diakses pada 23 januari 2018.

Mahzar, Armahedi, Merumuskan Paradigma Sains Dan Teknologi Islami Revolusi Integralisme Islam. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2004.

Masruroh, Ninik dan Umiarso, Modernisasi pendidikan Islam ala Azyumardi Azra. Arruz Media: Yogyakarta, Ttp.

Maunah, Binti “Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia Kajian Deskripsi-Analitik Model Pendidikan Islam”, Empirisma, Vol. 24, No.02, (Juli 2015), http/www.empirisma.id. diakses pada 15 Pebruari 2018.

Muawanah. R.,. “Pengertian Agama Dan Religiusitas”. Thesis, Universitas Islam Negeri Malang, 2014. http/www./ ethesess.uin-malang.ac.id. Diakses Pada 15 Desember 2017.

Muhaimin. Wawasan penddikan Islam pengembangan, pemberdayaan, dan redefinisi pengetahuan islam. Bandung: Penerbit Marja, 2014.

Mujazin, wawancara, 17 April 2018.

Muqoyyidin, Andik Wahyun, “Pembaruan Pendidikan Menurut Muhammad Abduh”, Jurnal Media Pendidikan, Vol XXVIII, No 2, http/www/jurnal media-pendidikan.ac id, diakses pada tanggal 12 Desember 2017.

Putra, Miftakhul Ilmi Suwignya, M. Ansor Anwar, Mujianto Solichin, dan Amrulloh Amrulloh. “Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018): 91-102.

Permadi, Benny Angga, “Pengembangan Modul IPA Integrasi Islam Dan Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VI MIN Seduri Mojokerto”, 2015. Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Hal www.thesispdf.ac.id, diakses pada tanggal 15 Desember 2017.

Qadam, Izza Ulya. “Kualitas Pendidikan Berbasis Filsafat Ilmu”. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Semarang. Vol 9. No 2, 2015. www.jurnalUNS.ac.id, diakses pada 15 desember 2017.

Sauri, Sauri, “Integrasi IMTAQ dan IPTEK dalam Pembelajaran”, jurnal penelitian, Vol. 08, No.02, (September 2016), http/www/jurnal_penelitian.com, diakses pada 14 Pebruari 2018.

Siswanto, “Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren”, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 18, No. 01, (Juni 2014) http/www/studikeislaman.id, diakses pada 16 Pebruari 2018.

Sholihan, wawancara, 15 april 2018

Subana. M dan Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah , Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Sugiyono. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2014.

Suroto, 2013, “Rekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Paradigma Alternative Pendidikan Di Indonesia”, Jurnal Pendidikan STAIN Ngawi, Vol 6, No 1, hal 01, http/www//staingawi.ac.id, diakses tanggal 12 desember 2017, 2013.

Suyatno, “Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional”, Jurnal Pendidikan Islam, hal 122, http/www/eprints.uinsuka.ac.id, Jurnal Pendidikan Islam UINSUKA Vol 1, No 1, diakses pada 13 desember 2017.

Tim penyusun “Kamus besar Bahasa Indonesia online”, https: //www.kbbi online./.pdf, hal 230 diakses pada 14 juni 2018.

Zuhri, Suhaeri, wawancara, 16 April 2018.

Diterbitkan

2019-06-09

Terbitan

Bagian

Artikel