Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Berparadigma Integratif-Mutidisipliner Model Twin Towers (Studi Kasus Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Sur

Authors

  • Ni’mah Ni’mah Pascasarjana S-2 Prodi PAI UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Novita Sari Pascasarjana S-2 Prodi PAI UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

pengembangan kurikulum, pendidikan agama Islam, merdeka belajar-kampus merdeka.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di UIN Sunan Ampel Surabaya yang mengacu MBKM. Standart MBKM yang dijadikan pedoman mengacu pada paradigma integrative-multidisipliner model twins tower sebagai orientasi pengembangan keilmuan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Studi ini berlokasi di Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan metode penggalian data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam merumuskan kurikulumnya tidak terlepas dari kurikulum UIN Sunan Ampel Surabaya yang berorientasi Integrasi multidisipliner dengan icon Twin Towers. (2) Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Bersama Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sedang mempersiapkan diri menyongsong Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

References

Ali, M. Amir. Removing The Dichotomy of Science : ANecessity for The Growth of Muslim s. future Islam “ A Journal of Future Ideology that Shapes Today The World Tomorrow. http”//www. futureislam. com/ 20050301/insight.

Altbach, Philip G., “The Cost and Benefits of World-Class Universities.” International Higher Education, Fall 2003.

Amidi, Mulyono. “Menyongsong Asesmen AUN-QA”, Prisma, No. 1, 2018.

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Hamdi, Zainul. “Menilai Ulang Gagasan Integrasi Ilmu Pengetahuan sebagai Blue Print Pengembangan Keilmuan UIN”, dalam Zainal Abidin Bagir, dkk (editor), Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Yogyakarta: MYIA-CRCS dan Suka Press, 2005.

Hanafi, M. “Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam”. Madura: Jurnal IAIN Madura, 2014.

Kuntowijoyo. Islam Sebagai Ilmu Epistimologi, Metodologi dan Etika. Yogyakarta : Tiara Wacana, 2006.

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi BAB II Pasal 10.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Pasal 1.

Poerdowasminto, W.J.S. Konsorsium Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1986.

Rahman Shaleh, Abdul. Pendidikan Agama dan Keagamaan, Visi, Misi, dan Aksi. Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Salamah Zainiyati, Husniyatus. Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel; Dari Pola Pendekatan Dikotomis Ke Arah Integratif-Multidisipliner Model Twin Towers. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2012.

Tim Kurikulum dan Pembelajaran. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab IX, Pasal 37.

Zaenal Fitri, Agus. Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI Pada Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Published

2022-06-30