Analisis Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Materi Zakat melalui Pembelajaran Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013
Kata Kunci:
Zakat Fitrah, Kemampuan Kognitif.Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif pada peserta didik usia SD/MI dalam materi zakar fitrah dan ketentuanya. Dalam melakukan mini riset ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Instrument dari penelitian ini menggunakan pengisian angket berupa Googleform untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan kognitif dari responden. Peneliti memberi 10 soal kepada ressponden sebagai bentuk acuan untuk mengetahui seberapa paham mereka tentang materi zakat fitrah. Hasil dari penelitian ini, ditemukan kemampuan kognitif anak mengenai zakat fitrah sudah cukup baik, tetapi masih ada beberapa anak yang kurang memahami kata yang beristilah.Referensi
Fiqiyah, Aizatul. “Analisis Hukum Islam Terhadap Pemberian Zakat Fitrah Kepada Guru Ngaji Yang Mendapat Bengkok Di Desa Ngelokulon Mijen Demak.” UIN Walisongo, 2016.
Habsyi (al), Husin. Kamus Al-Kautsar Lengkap, Arab-Indonesia. Yayasan Pesantren Islam, 1990.
Joni zulhendra. “331-Article Text-742-2-10-20181119.” TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT FITRAH DALAM BENTUK UANG 5 nomor 2, no. 1907–5820 (2017): 16.
Lexy J. Moleong, Dr. M.A. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” PT. Remaja Rosda Karya (2019).
Muhammad, Angki Aulia. “KESADARAN HUKUM MASYARAKAT KAMPUNG MAHMUD UNTUK MEMILIKI SERTIFIKAT ATAS HAK ULAYAT: Studi Kasus Di Kampung Adat Mahmud Desa Mekarrahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung.” Universitas Pendidikan Indonesia (2013).
Rohmawati, Kiki Ayu. “Zakat Fitrah Di Lembaga Pendidikan Perspektif Mazhab Syafi’i Dan Mazhab Hanafi: Studi Komparasi Antara Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah Desa Bandar Kedung Mulyo, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015.
Sari, Tri Maniarta, and Ernawati Ernawati. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI).” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 4, no. 1 (2020): 79–85.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Uliyandari. “Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu Untuk Mata Pelajaran Kimia (Descriptive Research).” Skripsi (2014): Hlm 6-9.
Yohanes, Feri, and Sutriyono. “Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling Dan Luas Segiiga Bagi Siswa Kelas VIII.” Mitra Pendidikan 2, no. 1 (2018): 23–35.
Zuhayly (al), Wahbah. “Zakat Kajian Berbagai Mazhab.” Bandung: Remaja Rosdakarya (2008).
Unduhan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.