PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI NARRATIVE TEXT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA SISWA KELAS IXA DI SMPN 2 TEGALSIWALAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Suyatno Tri Kurniawan SMPN 2 Tegalsiwalan Probolinggo

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, media, alat peraga, dan sebagainya harus juga mengalami perubahan ke arah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut diatas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life-skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitarnya. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: “ Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar  Bahasa Inggris Materi Narrative Text Dengan Model Pembelajaran Kolaboratif Pada Siswa Kelas IXA di SMPN 2 Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016?” Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris setelah diterapkannya model pembelajaran kolaboratif.

               Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan dengan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahapan meliputi : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini melibatkan 32 siswa Kelas IXA SMPN 2 Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

            Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan Siklus 2 yaitu, siklus 1 ( 78,13) dan siklus 2 (90,63%). Dari Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran dapat digunakan salah satu alternatif model pembelajaran dalam dalam meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris.

Published

2022-06-27

Issue

Section

Artikel