Konsepsi Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas

Penulis

  • A Suradi IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v4i1.1197

Kata Kunci:

Islamic Religious Education, modernity.

Abstrak

To face the flow of globalization, it is proper for Islamic education to assimilate Western modern science and technology. This is one way to pursue the backwardness of Muslims from western civilization. However, if the assimilation process is meticulously not performed it will have an impact on the attitude of following everything that comes from the West. This is what I call the process of materialistic westernization. Modernization and globalization can influence people's attitudes in both positive and negative forms. Among these are open-minded, more dynamic, unfettered old things that are conservative, and develop an anticipatory and selective attitude in judging things that will happen, or are happening.

Referensi

Susanto. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2009.

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Tafsir, A. “Pendidikan Agama Islam Di Sekolah,” dalam http://www.google.co.id/url?.

Depdiknas. Kurikulum 2004 SMA, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: Lkis, 2009.

Zuhairini, dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Mujtahid. “Arah Masa Depan Pendidikan Islam,” dalam http://www.uin-malang.ac.id/index.php.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Sutrisno. “Pendidikan Agama Islam Berorientasi pada Problem Subyek Didik,” (Makalah disajikan dalam Seminar Pasca Sarjana STAIN Kediri, Kediri, 15 Maret 2012).

Mustofa, M. Lutfi. “Tauhid: Akar Tradisi Intelektual Masyarakat Muslim, dalam “Intelektualisme Islam: Melacak Akar-Akar Integrasi Ilmu dan Agama,” ed. M. Lutfi Mustofa, et. al (Malang: LKQS UIN, 2007).

Madjid, Nurcholish. Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan, 2008.

Kuntowijoyo. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

Suryohadiprojo, Sayidiman. “Makna Modernitas dan Tantangnya terhadap Iman,” diakses 05 April 2014 Pukul: 19.50 WIB.

Nasution, Harun. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan, 1995.

Munir, Lily Zakiyah. “Islam, Modernitas, dan Keadilan untuk Perempuan,” dalam http://www.law.emory.edu/, diakses 05 April 2017 pada pukul 19.34.

Unduhan

Diterbitkan

2018-07-01

Cara Mengutip

Suradi, A. (2018). Konsepsi Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 57–70. https://doi.org/10.26594/dirasat.v4i1.1197

Terbitan

Bagian

Artikel