Analisis Self Efficacy Matematik Siswa Kelas VIII SMP 7 Cimahi Dilihat dari Gender
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1046Keywords:
Self Efficacy Matematik, GenderAbstract
Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui Self efficacy matematik siswa kelas VIII SMP 7 Cimahi dilihat dari gendernya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 42 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angketself efficacy(Mastery Experience, Vicarious Experience,Verbal Persuasion, dan Physiological and Affective states), wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data angket self efficacydan wawancara, didapatkan hasil bahwa self efficacy siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan dilihat dari persentasenya. Karena siswa laki-laki lebih unggul dalam: kemampuan matematikanya, kemampuan mengolah pengalaman pada pembelajaran matematika, menjadikan role model sebagai motivator, menganalisis pendapat dari orang lain, mengontrol situasi emosinya.References
Bandura, A.(1997) . Self-efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman.
Gallagher, A. M. (2005). Gender Differences in Mathematics. Journal of Educational Psychology Journal of Educational Measurement Journal of Experimental Child Psychology.
Jufita, D. (2013). Analisis Gender Terhadap Self Efficacy, Self Efficacy Regulated Learning, dan Prestasi Akademik Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Remaja. Bogor: Intitut Pertanian Bogor.
Minarti, E.D & Nurfauziah, P. (2016). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 3(2).
Nuryaninim. (2012). Self Efficacy Matematika. Online : http://www.slideshare.net/Interest_Matematika_2011/self-efficacy-matematis .(13 Desember 2012).
Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2012). DOKUMEN KURIKULUM 2013.
Setiadi, R. (2010). SELF-EFFICACY In Indonesian Literacy Teaching Context: A Theoretical and Empirical Perspective. Bandung: Rizqi Press
Subaidi, A. (2016). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. ∑IGMA, 1(2), 64–68.
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Y.E. (2014). Pengembangan Instrumen Afektif. Proceeding. Online: http://journal.unwidha.id/index.php/proceeding/article/view/419/362
Downloads
Published
Issue
Section
License
All information and contents of articles contained in JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika are free to read, download, print, copy, or share with various legal purposes.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.