Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Blogmath (Blogger & Mathjax)
DOI:
https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.1011Keywords:
Media Pembelajaran Matematika, Web, Blogger, MathJaxAbstract
Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh besar dalam dunia pendidikan. Salah satunya yang terkenal yaitu blogger kini telah menjadi sumber belajar alternatif. Perkembangan blogger begitu pesat membuka peluang dan jalan baru dalam mengerjakan banyak hal, termasuk untuk mengembangkan dunia pendidikan. Peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis web menggunkan BlogMath (Blogger & MathJax) guna untuk penyajian media pembelajaran lebih interaktif dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan menurut Gall dan Brog (Jenis penelitian Expositori pengembangan product), dengan metode pengumpulan data studi literatur, interview, dan data angket. Penelitian ini melibatkan responden dari siswa, guru, dan designer. Analisis yang digunakan dalam peneletian ini adalah deskriptif kualitatif.
Kata kunci. Media Pembelajaran, Berbasis Web, Blogger, MathJax
References
Novaliendry, D. 2013. “Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO)”. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 6(2):106-118
Viajayani, E. R. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1(1):144-145
Tirta, I. M. 2014. “Pengembangan E-Modul Statistika Terintegrasi dan Dinamik dengan R-shiny dan mathJax”. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2014. Universitas Negeri Jember
Sukmadinata, N. S. “Metode Penelitian Pendidikan”. 2008. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Arifin, S. 2010. “Pengembangan Blog Support Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas”.Jurnal Pendidikan Matematika.Sriwijaya University. Palembang. Vol. 4(2):1-12
Rohim, W. N. 2015. “Penyajian Peta Donasi Sosial Kota Semarang Berbasis Blogger Javascript”. Jurnal Geodesi Undip April. Vol. 4(2):136-141
Downloads
Published
Issue
Section
License
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal website refers to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license terms.